Cara UMMU Gelar KKS di Tengah Pandemik Covid-19

0
Mahasiswa KKS UMMU saat bagikan sembako, Jumat (1/5/2020).

TERNATE – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) menggelar Kuliah Kerja Sosial (KKS) dengan cara membagikan sembako kepada yang membutuhkan di Kelurahan Sasa, Kota Ternate Selatan. Pembagian sembako oleh Kelompok III KKS UMMU ini merupakan cara berbeda dari digelarnya kegiatan setengah tahunan oleh UMMU di tengah serangan wabah virus Covid-19.

Pembagian sembako ini difokuskan kepada mahasiswa rantau yang indekos di Kelurahan Sasa. Paket sembako tidak hanya dibagikan kepada mahasiswa UMMU yang sedang indekos, tapi ada juga mahasiswa dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha dan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate.

“Pembagian ini kami lakukan dalam rangka membantu mahasiswa yang tidak bisa pulang kampong dan menetap di kosan masing-masing,” ujar Faldano Abd. Rahman, Ketua Kelompok III KKS UMMU Ternate kepada media ini, Jumat (1/5/2020), saat sedang membagikan sembako kepada salah satu warga yang membutuhkan.

Lanjut Faldo, sapaan akrab Faldano, sebelum pembagian paket sembako ini pihaknya telah melakukan pendataan terlebih dahulu, hingga bisa dikumpulkan data jumlah mahasiswa yang benar-benar membutuhkan sumbangan tersebut.

“Dari situ lalu kita memberikan kupon kepada masing-masing dari mereka untuk mengambil sembako di Kantor Lurah Sasa. Agar tidak tergesa-gesa dan berkerumun, kami mengatur waktu untuk masing-masing dari mereka datang mengambil dengan rentang waktu dari jam 9.30 pagi hingga 15.30 WIT,” tambahnya.

Dari sumbangan tersebut, Faldo berharap dapat meringankan beban mahasiswa yang tidak bisa kembali ke kampung halaman. Apalagi saat ini sedang dalam masa krisis Covid-19 dan menghadapi bulan suci Ramadhan. “Kami lihat banyak teman-teman mahasiswa di kost-kostan yang membutuhkan bantuan, semoga sedikit sumbangsih dari Kelompok III KKS UMMU ini dapat meringankan beban mereka,” harapnya. (cun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here