Terkait Banjir, BPBD Halsel Siapkan Tim Reaksi Cepat

  • Bagikan
Banjir di Desa Doro Kecamatan Gane Barat Kabupaten Halmahera Selatan.

PENA – Tingginya curah hujan pada Senin 13 Juli kemarin menyebabkan air sungai meluap hingga ke rumah warga di Desa Doro Kecamatan Gane Barat Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Sebanyak 23 rumah tergenang banjir setinggi 1 meter. Bahkan 18 diantaranya terjadi banjir parah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halsel, Daud Djubaedi, mengatakan saat ini tim reaksi cepat (TRC) BPBD Halsel sedang disiapkan untuk turun melakukan pemetaan dan kajian cepat terkait dampak dan volume bencana banjir di Desa Doro.

“Informasi tersebut telah kami terima dan saat ini TRC sedang disiapkan untuk melakukan pemetaan,” paparnya.

Terkait permintaan pembuatan bronjong sungai oleh pemerintah dan warga desa, Daud menyatakan sesuai dengan standar operasional prosedur keadaan darurat, BPBD masih akan melakukan kajian cepat untuk melakukan norma sungai. Pasalnya, bencana banjir tersebut terjadi di luar ibukota kabupaten.

“Kita memang harus langsung meninjau dan melihat apa yang terjadi di wilayah itu, sehingga penanganan sampai ke tingkat normalisasi sungai dan sebagainya itu telah kita bicarakan. Tapi tentu kita harus mendapatkan report dari lokasi, baru kemudian kita langsung melakukan langkah-langkah penanganan cepat,” pungkasnya. (andi)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!