Lokal  

Kepala SMPN 3 Kayoa: Usman Sidik Bukan Alumni di Sekolah Kami

Model BB.2-KWK KPU Halsel, tercantum nama SMP Negeri Kayoa di riwayat pendidikan calon bupati Halsel Usman Sidik. (Sumber: kpu-halselkab.go.id)

PENA – Kepala SMP Negeri 3 Kayoa, Fatah Kadir, melayangkan klarifikasi atas pencatutan nama SMP Negeri Kayoa (sekarang SMP Negeri 3 Kayoa) oleh calon bupati Usman Sidik dalam daftar riwayat hidup yang tercantum di Model BB.2-KWK KPU Halmahera Selatan (Halsel).

Dalam klarifikasi tersebut, Fatah menyatakan Usman Sidik bukanlah alumni SMP Negeri 3 Kayoa atau dulunya SMP Negeri Kayoa yang terletak di Jalan Siswa desa Guruapin kecamatan Kayoa, sebagaimana yang tertuang dalam daftar riwayat hidup calon bupati Halsel di laman resmi KPU Halsel.

Fatah menceritakan pada bulan Februari 2020, seorang warga desa Guruapin bernama Rahim Fara datang ke SMP Negeri 3 Kayoa dengan membawa ijazah atas nama Usman Sidik. Rahim meminta pihak sekolah untuk melegalisir ijazah tersebut. Pihak sekolah lalu melakukan verifikasi dan pencocokan data sesuai nama pada ijazah itu di Buku Induk Siswa. Alhasil, nama Usman Sidik tidak ditemukan di Buku Induk Sekolah. Tak cuma itu, di arsip ijazah juga tidak ditemukan nama Usman Sidik yang katanya lulusan tahun 1989 tersebut.

Pencatutan nama SMP Negeri Kayoa yang diduga dilakukan oleh Usman Sidik.

Pihak sekolah lalu menyampaikan kepada Rahim jika ijazah atas nama Usman Sidik tidak bisa dilegalisir karena tidak tercatat di Buku Induk Sekolah maupun Arsip Ijazah. Untuk pengecekan lebih lanjut, pihak sekolah meminta Rahim agar menitipkan salinan ijazah yang ia bawa, tapi Rahim menolak memberikan salinannya.

Untuk lebih memastikan, Kepsek Fatah lalu bertemu La Ode Heba, mantan Kepala SMP Waidoba Orimakurunga yang pada tahun 1986 hingga 1989 merupakan rayon dari SMP Negeri Kayoa. Dari keterangan Heba, Fatah memperoleh informasi jika pada tahun 1989 hanya ada 14 siswa yang menjadi peserta dalam ujian Ebta/Ebtanas. Sedangkan siswa atas nama Usman Sidik pada 1989 itu tidak termasuk sebagai peserta ujian.

Setelah memperoleh informasi demi informasi, Fatah menyatakan pencantuman nama SMP Negeri Kayoa atau yang saat ini nomenklaturnya menjadi SMP Negeri 3 Kayoa oleh calon bupati Usman Sidik dalam daftar riwayat hidupnya merupakan sebuah tindakan yang tidak bertanggungjawab.

Selain itu, Fatah selaku Kepala SMP Negeri 3 Kayoa juga menyatakan, bahwa kepemilikan ijazah yang diperoleh secara tidak sah tersebut harus dipertanggungjawabkan oleh Usman Sidik. Karena Usman Sidik sendiri yang mencantumkan nama SMP Negeri Kayoa atau saat ini menjadi SMP Negeri 3 Kayoa dalam daftar riwayat hidupnya yang diajukan ke KPU Halsel.

“Selanjutnya, kepada alumni yang merasa dirugikan akibat karena pencatutan nama sekolah dalam daftar riwayat hidup Bapak Usman Sidik sebagai kelengkapan syarat calon kepala daerah di KPUD Halmahera Selatan, untuk mengadukan kepada pihak yang berwajib,” pinta Fatah dalam keterangan tertulisnya tertanggal 14 Oktober 2020. (*)

Respon (25)

  1. My wife and i were excited when Emmanuel managed to finish off his researching by way of the precious recommendations he had in your weblog. It is now and again perplexing to simply find yourself making a gift of tips and tricks that the others could have been trying to sell. So we discover we now have the website owner to appreciate because of that. All the illustrations you have made, the simple web site navigation, the friendships you assist to foster – it’s got most powerful, and it’s really assisting our son and our family reckon that that issue is satisfying, and that’s very essential. Thank you for all the pieces!

  2. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of
    any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.
    I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and
    was hoping maybe you would have some experience with something like
    this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward
    to your new updates.

  3. Thank you for another informative site. Where else may I am getting that type of information written in such an ideal means? I have a undertaking that I’m just now operating on, and I’ve been at the look out for such info.

  4. Usually I don’t read article on blogs, but I would like to say that this write-up very forced me to try and do it! Your writing style has been surprised me. Thanks, very nice post.

Komentar ditutup.