Pekan Depan, Pejabat di Kota Ternate Dievaluasi

  • Bagikan
Rektor UMMU, Prof. Saiful Deni.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Tim Evaluasi Kinerja dan Uji Kompetensi Pejabat Eselon II mulai pekan depan akan menguji 29 pejabat di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate. Sesuai jadwal, evaluasi akan berlangsung selama tiga hari dimulai pada Senin hingga Rabu. Sebanyak 24 pejabat pimpinan tinggi pratama (Eselon II) bakal  mengikuti uji kompetensi dan 5 jabatan tinggi pratama akan dievaluasi.

Ketua Tim Evaluasi, Saiful Deni mengatakan, evaluasi dan pengujian yang dilakukan ialah menyangkut kinerja selama 5 tahun di OPD dengan mempertimbangkan laporan kinerja yang dikantongi Tim Seleksi. Selain itu, dua agenda lain yang akan dilangsungkan yaitu rekam jejak dan sesi wawancara.

“Jadi, di antara 29 pejabat yang kerjanya sudah lebih dari lima tahun kita akan lihat hasil evelausinya bagaimana. Jika masih bisa dipakai akan diperpanjang masa kerjanya oleh Wali Kota Ternate, dan jika tidak maka tak diperpanjang lagi,” jelas Saiful, Rabu (30/6).

Alur evaluasi, sambung Saiful, akan diundang kepada masing-masing pejabat. Dari mereka yang telah diundang, siapa pun yang siap dievaluasi terlebih dulu akan dijadwalkan paling awal. Hasil tes langsung disampaikan kepada BKPSDM Ternate.

“Spesifiknya tes evaluasi ini kita lakukan mengacu pada kinerja dan kompetensi sesuai ahli pejabat di tiap-tiap OPD yang dituju,” jelasnya.

Saiful menargetkan, seluruh tahapan akan diselesaikan dalam waktu satu bulan kedepan. Timnya bahkan telah membuat persiapan dalam waktu dua pekan ini sejak SK Tim Evaluasi diterbitkan.

Tim Evaluasi, tegas Saiful, sangat berkomitmen melakukan kerja-kerja evaluasi dengan independen. Bahkan, sejauh ini Wali Kota Ternate tidak pernah mengintervensi dan memberi instruksi apapun untuk Tim Evaluasi.

“Kami tetap berkomitmen bekerja dengan standar yang ada. Jika laporan standar yang awal itu jelek, maka akan menjadi pertimbangan kami,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 5 pejabat di Pemkot Ternate yang akan dievaluasi adalah kepala DKP, kepala Dinas Perpustakaan, kepala BKPSDM, kepala Kesbangpol dan Sekretaris DPRD Ternate.

Sedangkan uji kompetensi dilakukan kepada asisten perekonomian, asisten pemerintahan, asisten administrasi, kepala Dinas Dukcapil, kepala DPMPTSP, kepala Dinas Ketahanan Pangan, kepala DPKAD, kepala Inspektorat, kepala Dinas PUPR, kepala Diskominfo, kepala Dinas Pertanian, kepala Dispora, kepala Dinas Koperasi dan UKM, kepala Dishub, kepala Dinsos, kepala BPBD, kepala Dinas Perkim, kepala Dinkes, kepala Disperindag, kepala Dinas Parawisata dan kepala DPPKB. Untuk staf ahli terdiri dari staf ahli bidang ekonomi, bidang kemasyarakatan dan bidang pemerintahan. (ano)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!