Terobosan BPKPAD Malut Diapresiasi KPK

  • Bagikan
Kepala BPKPAD Malut, Ahmad Purbaya. (Aska Penamalut)

PENAMALUT.COM, SOFIFI – Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Provinsi Maluku Utara mendapat apresiasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas terobosannya dalam mencari sumber pendapatan baru.

Salah satu terobosan yang dilakukan BPKPAD dalam mencari sumber pendapatan baru itu adalah mengoptimalkan penagihan pajak, baik pajak parkir berlangganan, pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB, maupun pajak galian C.

Bahkan beberapa waktu kemarin, 10 kepala daerah yang ada di Maluku Utara telah menyepakati kerja sama dalam hal pemungutan pajak ini.

“Prinsipnya kita bantu kabupaten/kota, sehingga pendapatan asli daerah di kabupaten/kota itu bisa meningkat. Alhamdulillah direspons baik kabupaten/kota dan terobosan ini diharapkan berjalan baik ke depan. Kita juga diapresiasi oleh KPK,” jelas Kepala BPKPAD Malut, Ahmad Purbaya saat ditemui belum lama ini.

Menurutnya, dengan mendapat apresiasi dari KPK, maka pemerintah kabupaten maupun kota serta provinsi mendapat nilai plus terkait inovasi peningkatan PAD ini. Sebab hal inilah yang diharapkan Korsupgah KPK.

“Kita juga berterima kasih kepada Kepala Perwakilan BPK RI Malut yang telah memfasilitasi dan mendorong kerja sama ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Pihaknya juga akan membangun komunikasi yang intens dengan dengan BPK maupun BPKP, sehingga sektor-sektor lain potensi PAD yang belum dioptimalkan, akan dimaksimalkan. Dengan begitu, kemandirian daerah bisa tercapai.

Selain itu, BPKPAD Malut juga akan melakukan rapat teknis dengan BPKAD dan Bapenda kabupaten/kota untuk membahas teknis pelaksanaan terkait penagihan pajak nanti.

“Jadi tahun ini sudah mulai jalan,” terangnya menutup. (ask/adv)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!