42 Tower dan 24 Jaringan Internet Bakal Dipasang di Haltim

  • Bagikan

PENAMALUT.COM, MABA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) pada tahun 2021 akan memasang sebanyak 42 Tower dan 24 jaringan internet tersebar di 10 Kecamatan yang ada di Halmahera Timur. Pengadaan 42 Tower dengan jaringan 4G serta 24 jaringan internet itu merupakan bantuan langsung dari kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Kepala Dinas Kominfo Halmahera Timur (Haltim), Jarana Marsaoly mengatakan, sesuai dengan list Kemenkominfo untuk tower sendiri dipastikan mobilisasi dan pemasangan akan dilakukan pada akhir tahun ini.

“Saat ini masih dalam tahap survei, tetapi sebagian besar sudah rampung sehingga kita pastikan akhir tahun ini sudah dilakukan mobilisasi dan pemasangan tower,” ujarnya, Kamis (9/9).

Kata dia, bantuan atau distribusi tower dan internet sendiri bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jaringan yang ada di Haltim. Dimana, hal itu sesuai dengan target presiden RI pada tahun 2024 Indonesia sudah memasuki Merdeka Jaringan.

“Tentu ini sangat membantu masyarakat, khususnya di Haltim yang saat ini di beberapa titik masih belum tersentuh jaringan telekomunikasi maupun jaringan,” katanya.

42 titik yang akan dilakukan pemasangan tower tersebut meliputi desa Mekar Sari kecamatan Wasile, desa Watafli, Geltoli, dan Pekaulag kecamatan Maba, desa Sil dan Sowoli kecamatan Maba Selatan, desa Nusa Jaya, Nusa Ambu, Loleba, Waijoi, Talaha Jaya, Sondo-sondo, Lono Jaya, Ake Jawi, Ekor, Ekorino, Tarune, dan Yawal kecamatan Wasile Selatan, desa Hatetabako, Lolobata, Puao, Foli, Nyaolako, Bokimaake, Silalayang, dan Kakaraino kecamatan Wasile Tengah, desa Iga, Halitetor, Dowongi Jaya, dan Majiko Tongone kecamatan Wasile Utara, desa Tutuling Jaya kecamatan Wasile Timur, desa Bangul, Dorolamo, Maryana Jaya, Yawanli, Gaifoli, dan Basaram kecamatan Maba Tengah, desa Wasileo, Pumlanga, Lili dan Patlean Jaya kecamatan Maba Utara, dan desa Wailukum kecamatan Kota Maba.

“Namun ada beberapa desa yang saat ini sudah ada tower atau jaringan 4G kemungkinan akan kita relokasi di beberapa titik lain dalam kecamatan tersebut,” katanya.

Selain Tower, Haltim juga mendapatkan jaringan internet yang akan dipasang di 24 titik diataranya, SMN 2 Satap Maba, SMK Pertambangan, SDN Sil, Kantor Desa Sowolo, SMPN 3 Wasile, Kantor Desa Nusa Ambu, Kantor Desa Loleba, Kantor Desa Talaha Jaya, Kantor Desa Sondo-Sondo, Kantor Desa Ino Jaya, SD Inpres Binagara, SMPN 13 Wasile, SDN Ekor, Kantor Desa Tanure, Kantor Desa Yawal, Kantor Desa Hatetabako, Kantor Desa Kakara Ino, Puskesmas Perawatan Buli, SD Inpres Dorolamo 2, Kantor Desa Wasileo, Kantor Desa Lili, SDN Patlean dan Kantor Desa Wailukum.

“Jadi 24 jaringan internet ini juga akan di sesuaikan kalau ditempat itu sudah tersedia jaringan internet maka kita relokasi ke tempat lain yang belum terpasang jaringan internet,” ungkap dia.

Sementara itu, kata dia, jika seluruh tower malun jaringan internet tersebut sudah terpasang pada tahun ini, dipastikan seluruh permasalahan jaringa sudah bisa teratasi di Halmahera Timur.

“Dan untuk jumlah yang ada sudah pasti, sehingga diharapkan permasalahan jaringan baik telekomunikasi maupun jaringan internet yang selama ini masih kurang memadai di Halmahera timur bisa teratasi dengan baik,” ungkap Jarana, menutup.(MDF)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!