Catat! Pengurusan Administrasi Hingga Keluar Masuk Halut Wajib Tunjukan Kartu Vaksin

  • Bagikan
Pemberitahuan yang disampaikan Humas Pemkab Halut lewat media sosial facebook.

PENAMALUT.COM, TOBELO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara mulai menerapkan wajib vaksin bagi setiap orang yang melakukan pengurusan administrasi maupun yang hendak keluar masuk di Halut.

Pemberlakuan syarat disampaikan Humas Pemkab Halut melalui media sosial facebook.

Ada tiga poin yang ditekankan, yakni pertama: akan dilaksanakan vaksinasi massal pada 13-17 September 2021 bertempat di Polres Halut yang dimulai pada pukul 08.00 WIT dengan sasaran vaksinasi usia 12 tahun sampai dengan lanjut usia.

Kedua: bagi masyarakat yang  melakukan pengurusan administrasi perizinan, KTP, Kartu Keluarga, dan lainya harus memiliki kartu vaksin minimal vaksin pertama tahap 1. Apabila tidak ada, maka tidak akan dilayani.

Ketiga: pemeriksaan kartu vaksin minimal vaksin ke- 1 oleh petugas akan dilaksanakan di pertigaan Desa Tetewang/pelabuhan terhadap pelaku perjalanan baik yang masuk ataupun keluar dari Halmahera Utara. Apabila tidak memiliki kartu vaksin, maka yang bersangkutan tidak diizinkan keluar atau masuk ke Halmahera Utara.

Sekretaris Daerah Halut, Erasmus J. Papilaya saat dikonfirmasi mengaku sesuai data, jumlah orang yang divaksinasi di Halut masih sangat rendah. Cara ini dilakukan agar dapat menaikkan angka vaksinasi.

Ia juga mengaku informasi itu hanya bersifat himbauan atau ajakan.

“Jadi ini bersifat mengajak untuk vaksinasi di Polres yang dilaksanakan Senin-Jumat depan. Untuk layanan administrasi, bagi masyarakat dan pemeriksaan di pintu masuk masih bersifat himbauan atau sosialisasi kepada masyarakat yang akan disiapkan dan dilaksanakan dalam waktu dekat. Nanti juga akan dibuatkan surat edaran resmi,” kata Erasmus kepada wartawan, Sabtu (11/9).

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Halut, M.Ikram Baba mengatakan, terkait dengan pemeriksaan surat vaksinasi bagi setiap orang yang melakukan perjalanan masuk atau keluar Halut, sampai saat ini belum dibahas.

“Kita belum membahas itu, nanti Senin ini baru kita bersama dengan keamanan membahas bagaimana mekanismenya,” katanya singkat. (fnc/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!