Soal Uang Mami, Kejati Malut Didesak Periksa Gubernur dan Wagub

  • Bagikan
Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara didesak segera memanggil Gubernur dan Wakil Gubernur Malut terkait dugaan korupsi anggaran makan minum (Mami) di Biro Umum Pemprov Malut senilai Rp 10, 9 miliar.

“Agar dugaan korupsi ini lebih jelas, sebaiknya Kejati Malut segera melakukan pemanggilan terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara,” desak Praktisis Hukum, Iskandar Joisangaji kepada wartawan, Selasa (12/10).

Iskandar menyebut pernyataan Kepala Kejaksaan Tinggi Malut, Dade Ruskandar, bahwa akan memproses dugaan korupsi anggaran Mami di Pemprov Malut hingga tuntas, maka pernyataan itu harus dibuktikan.

Pemanggilan terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur Malut, kata Iskandar, hanya untuk membuat terang terkait penggunaan anggaran tersebut. Bukan berarti ada masalah disitu kemudian dilakukan pemanggilan.

“Inikan menyangkut dengan LKPJ 2020, disitu dianggap ada temuan. Agar lebih terangnya lagi, apakah Pak Gubernur dengan Wakil Gubernur bisa dipanggil untuk dimintai klarifikasi atau tidak. Itu yang jadi masalah, karena panggilan ini hanya untuk membuat terang, apakah didalam ada peristiwa pidananya atau tidak,” tuturnya.

Dosen Hukum Universitas Muhammadiyah Maluku Utara ini bilang, jika memang Kejati Malut memiliki komitmen dalam hal pemberantasan korupsi, masalah ini secepatnya harus dibuat lebih jelas.

“Entah dilanjutkan atau tidak, keterangan itu harus segera diberikan. Maka dari itu jaksa harus memanggil Gubernur dan Wakil Gubernur Malut, sebab itu bisa membuka ruang,” tukasnya.

Sebelumnya Gubernur Malut, Abdul Ghani Kasuba mengatakan, dirinya tidak terlalu mengetahui besarnya anggaran Mami sampai kisaran 10 miliar lebih yang melekat pada Biro umum itu.

“Anggaran itu kan ada Sekda punya, ada keuangan, ada Gubernur punya, ada Wakil Gubernur. Jadi kalau dorang (merek) bilang diatas 10 miliar, saya juga tidak tahu,” ujar orang nomor satu di jajaran Pemprov Malut itu belum lama ini. (ano/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!