Sungai Babang Meluap dan Menggenangi Terminal Penumpang Pelabuhan Babang

  • Bagikan
Luapan Sungai Desa Babang dan membanjiri area Terminal Pelabuhan Babang.

PENAMALUT.COM, LABUHA – Hujan deras yang melanda Ibukota Kabupaten Halmahera Selatan sejak siang hingga sore tadi menyebabkan sungai di Desa Babang meluap.

Meluapnya sungai ini kemudian membanjiri Terminal Penumpang Pelabuhan Babang yang berada tepat di samping sungai tersebut.

Pantauan wartawan di lapangan, air yang menggenangi area terminal ini menyebabkan kawasan tersebut dipenuhi lumpur.

Kondisi ini tentu sangat mengganggu aktivitas pelayanan masyarakat, baik pelaku perjalanan maupun aktivitas masyarakat lainnya di area terminal. Apalagi, terminal penumpang yang berada di bawah pengawasan Kantor UPP Kelas II itu juga berada dekat dengan Kantor UPP Kelas II Babang.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim, khwatir akan kondisi tersebut.

Banjir yang menggenangi area Terminal Penumpang Pelabuhan Babang menyebabkan kawasan tersebut dipenuhi lumpur.

Menurut dia, Pelabuhan Babang merupakan pintu masuk utama ke Ibukota Kabupaten Halmahera Selatan, selain Pelabuhan Kupal. Tentu ini harus menjadi perhatian serius bersama untuk sesegera mungkin menanganinya.

“Karena setiap hujan deras, pasti terjadi banjir hingga meluap dan menggenangi area terminal pelabuhan. Sudah pasti masyarakat terutama pelaku perjalanan akan terganggu dengan keadaan seperti ini. Apalagi banyaknya lumpur akibat dari banjir tersebut,” ujarnya.

Rosihan bilang, tidak hanya banjir yang menggenangi area pelabuhan, namun badan dermaga pelabuhan juga terancam. Sebab badan pelabuhan tersebut berada tepat di depan muara sungai.

Hal ini lama kelamaan membuat dermaga tersebut terjadi pendangkalan akibat sedimennya lumpur dan pasir yang keluar dan bermuara pada dermaga.

“Saya minta ini menjadi perhatian bersama pemerintah daerah khususnya dinas terkait agar kita bersama-sama mengatasinya,” pinta Rosihan menutup. (red)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!