PODSI Malut Berkeinginan Bangun Venue Dayung di Halmahera Utara

  • Bagikan
Foto bersama Ketua PODSI Malut dan pengurus di Talaga Paca, Tobelo.

PENAMALUT.COM, TOBELO – Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Maluku Utara, menggelar pertemuan dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Halmahera Utara, Makeus Manery, di Hotel Marahai Tobelo, Rabu (24/11).

Pertemuan tersebut dalam rangka meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara terkait beberapa agenda yang sedang direncakan oleh PODSI Maluku Utara Periode 2022-2026.

Agenda yang direncakan PODSI Maluku Utara itu antara lain pembentukan Pengurus Daerah PODSI Halmahera Utara dan rencana pembangunan venue dayung di dua lokasi, yakni Danau Duma Galela dan Talaga Paca Tobelo.

Ketua Umum PODSI Maluku Utara, Kalpin Nur mengatakan, sejauh ini atlet dayung di Provinsi Maluku Utara hanya mengandalkan laut sebagai sarana untuk melakukan latihan menjelang turnamen olahraga Nasional.

“Untuk itu, kami mencoba melihat beberapa alternatif untuk lebih meningkatkan performa atlet dayung kita, dan saya lihat di Halmahera Utara ada dua danau yang menurut pandangan saya sangat memadai untuk menjadi venue atau sebagai lokasi Training Center (TC),” ujar Kalpin.

Meski demikian, Kalpin mengatakan harus melihat sisi lainnya, jika dua lokasi itu dijadikan sebagai pusat TC. Faktor yang penting dilihat bagi Kalpin adalah faktor keamanan dan faktor kunjungan masyarakat ke dua lokasi tersebut.

“Kalau di Danau Duma saya lihat tidak banyak dikunjungi orang, tapi kalau di Talaga Paca itu adalah lokasi wisata jadi perlu kita lihat ke depan akan seperti apa jika memang layak dibangun venue,” katanya.

Selain itu, terkait faktor keamanan yang paling penting bagi Kalpin adalah keberadaan binatang buas di dua lokasi tersebut. Untuk itu, dia menitikberatkan faktor keamanan sebelum lokasi tersebut akan dibangun sebagai venue.

“Jangan sampai terjadi insiden yang tidak kita inginkan bersama, makanya faktor keamanan ini harus kita perhatikan betul. Namun ke depan, saya pastikan bahwa tidak hanya danau di Halmahera Utara yang kita perhatikan. Lokasi di kabupaten dan kota lain juga akan kita lihat, apa layak atau tidak dibangun venue,” jelasnya.

Kalpin menambahkan, sarana untuk atlet sudah tersedia, tinggal dilakukan pembangunan dan dikembangkan dengan sebaik mungkin. Ia beraharap rencana pembangunan ini akan mendapat dukungan dari pemerintah Kabupaten Halmahera Utara.

Sementara Kadispora Halut, Makeus Manery berjanji akan bertemu Bupati Frans Manery untuk menyampaikan langsung terkait hasil pertemuan dengan PODSI Maluku Utara. Setelah itu, dirinya akan kembali mengagendakan pertemuan dengan PODSI Maluku Utara untuk menyampaikan hasil pertemuan dengan Bupati.

“Yang jelas, Pemda sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh PODSI. Ke depan kita akan terus menjalin sinergitas untuk pembangunan olahraga, khususnya olahraga dayung di Halmahera Utara dan Maluku Utara,” singkatnya.

Sekadar diketahui, dalam pertemuan tersebut Ketua Umum PODSI Maluku Utara hadiri didampingi oleh Sekretaris Umum Irwan Abd Gani, Bendahara Umum Fitria Eva Katidja, dan Coach Rowing Franky M Hendambo. Usai pertemuan dengan Kadispora Halmahera Utara, Pengurus PODSI Maluku Utara langsung mengecek lokasi yang direncakan bakal menjadi venue dayung di Danau Duma dan Talaga Paca. (red)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!