DAERAH  

Kawal Harga Komoditas Hortikultura, Petani di Halut Bakal Bentuk Asosiasi

Pertemuan empat kelompok tani muda di Halut dalam rangka pembentukan API.

PENAMALUT.COM,TOBELO – Empat kelompok tani muda di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) bakal membentuk Asosiasi Petani Indonesia (API).

Ini setelah empat kelompok tani dari Kecamatan Tobelo Utara, Kecamatan Galela Barat, Kecamatan Malifut dan Kecamatan Kao itu melakukan pertemuan pada Sabtu (8/1) pekan kemarin.

Perwakilan kelompok tani, M. Arbi S. Jafar mengatakan, hasil pertemuan tersebut membicarakan pelaksanaan musyawarah yang akan dilaksanakan pada 8 Februari 2022 nanti.

Arbi menjelaskan, tujuan pembentukan API Halut sebagai wadah penyatuan petani yang berada di Halut. Selain itu, juga akan mengawal permasalahan harga komoditi tak menentu yang selalu dialami para petani di Halut.

“Tidak stabilnya harga ini menimbulkan ketidakpastian harga dipasaran. Olehnya itu pentingnya membentuk API ini, agar kita juga akan berdialog dengan pemerintah mengenai masalah-masalah pertanian dalam hal tanam Hortikultura lewat lembaga API Halut yang akan dibentuk nantinya,” ujarnya kepada wartawan, Senin (10/1).

Dengan dibentuknya API, nantinya memberikan nilai positif bagi petani di wilayah Halut.

“Kemudian ini bisa menjadi lembaga yang bersinergi dengan pemerintah terkait dalam penyusunan program dibidang pertanian,” ujarnya. (fnc/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.