Waspada, Tinggi Gelombang di Perairan Maluku Utara Mencapai 3 Meter

Cuaca buruk. (Anto/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate, mengeluarkan surat peringatan dini cuaca buruk di wilayah Maluku Utara.

Surat peringatan dini dengan Nomor ME.401/20A/II/KTTE/2022, ini berlaku mulai tanggal 20 Februari 2022 pukul 21.00 WIT hingga 21 Februari 2022 pukul 09.00 WIT. Surat peringatan dini merupakan imbauan terhadap warga agar lebih waspada dalam beraktivitas.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Babullah Ternate, Fahmi Bachdar saat dikonfrirmasi wartawan Nuansa Media Grup (NMG) mengatakan, kondisi cuaca hari ini terpantau adanya sirkulasi siklonik di utara Papua dan di selatan atau utara Australia hingga membentuk pola konvergensi atau daerah pertemuan angin dan belokan udara di wilayah Maluku Utara.

“Umumnya hal ini berdampak pada kondisi cuaca buruk di beberapa wilayah di Maluku utara,” katanya, Minggu (20/2).

Lanjut dia, untuk potensi hujan lebat disertai angin kencang terdapat di wilayah Kepulauan Morotai, sebagian wilayah Halmahera Utara, Halmahera Barat, Ternate, Tidore, Sofifi serta wilayah Halmahera Selatan, yang mana bisa berdampak pada banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Menurut Fahmi, dampak angin kencang di wilayah perairan Maluku Utara diperkirakan terjadinya gelombang tinggi mencapai 2 hingga 3 meter di perairan Batang Dua, perairan Loloda, perairan Morotai, perairan Bacan, perairan Obi, Perairan Gebe, dan gelombang tinggi 3 sampai 4 meter di Samudera Pasifik Utara Halmahera, perairan barat bagian utara Halmahera dan laut Halmahera.

“Untuk kecepatan angin dari data yang ada berkisar 0,5 hingga 40 km per jam, dan berpeluang ada peningkatan kecepatan hingga 60 km per jam,” jelasnya.

BMKG juga telah mengeluarkan informasi peringatan dini ke setiap Stakeholder terkait. BMKG juga mengimbau kepada warga, terutama bagi warga yang bermukim di dekat aliran sungai agar tetap tenang dan selalu waspada.

“Bagi warga pengguna transportasi laut agar lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitasnya,” imbuhnya. (tr1/ask)

Respon (12)

  1. Ping-balik: 토렌트
  2. Ping-balik: using dried mushrooms
  3. This is a very good tips especially to those new to blogosphere, brief and accurate information… Thanks for sharing this one. A must read article.

  4. you are really a good webmaster. The site loading speed is amazing. It seems that you are doing any unique trick. Furthermore, The contents are masterwork. you’ve done a magnificent job on this topic!

Komentar ditutup.