UNUTARA, Kampus Multi Toleran dengan Program Studi Terbaru di Maluku Utara

Gedung Rektorat UNUTARA. (Foto Times Indonesia)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Kabar gembira buat dunia pendidikan di Maluku Utara. Universitas Nahdlatul Ulama Maluku Utara (UNUTARA) telah mendapat izin operasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pada Maret 2022 ini, UNUTARA mulai membuka pendaftaran calon mahasiswa baru untuk lima program studi (Prodi), yakni Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Prodi Biologi, Prodi Kimia, Prodi Pendidikan IPA, dan Prodi Pendidikan IPS.

Ketua Tim Pendiri UNUTARA, Dr. M. Natsir Tamalene mengatakan, tujuan didirikannya UNUTARA merupakan bagian penting dari visi bersama para Kiyai yang ada di Maluku Utara, khususnya para pengurus NU dan giat bersama dari para generasi muda di Malut untuk mendirikan kampus ini.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga fokus pada visi pengembangan masyarakat di wilayah 3T (terluar, terdepan, dan terpencil) dan menjadikan kampus ini nanti lulusannya menjadi insan multi toleran untuk peradaban Indonesia pada tahun 2045.

“Nantinya universitas ini akan menjadi warna baru sebagai kampus multi toleran di Maluku Utara dan Indonesia pada umumnya. Sehingga ke depannya Malut akan lebih maju dengan lahirnya kampus UNUTARA ini,” ujar Natsir kepada wartawan Nuansa Media Grup (NMG), Senin (28/2).

Ketua Tim Pendiri UNUTARA, Dr. M. Natsir Tamalene.

Pihaknya, kata Natsir, juga tentu menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, profesional, kreatif, inovatif, dan visioner, juga untuk berwawasan pada ahlussunnah wal jamaah.

Kandidat Rektor UNUTARA ini bilang, saat ini untuk sarana dan prasarana penunjang kegiatan administrasi, pihaknya telah memiliki gedung Rektorat UNUTARA yang beralamat di Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Ternate Selatan, tepatnya di jalan cempaka. Gedung ini sebagai tempat pengurusan administrasi, penerimaan mahasiswa baru, dan kegiatan akademik.

Untuk sarana prasarana penunjang pembelajaran seperti ruang kelas, pihaknya bekerjasama dengan SMP Islam Kota Ternate untuk menggunakan ruang kelas mereka dalam kegiatan pembelajaran, dan kontrak kerjasama untuk tahun pertama dan kedua sudah dilakukan.

Sementara untuk gedung UNUTARA, akan ditargetkan pada tahun ketiga berjalan. Untuk sarana prasarana penunjang lainnya seperti laboratorium, UNUTARA sudah punya lab yang ada di Kelurahan Jambula milik sendiri dilengkapi dengan 50 unit komputer untuk lima program studi.

“Kita juga akan bekerjasama dengan Universitas Khairun (Unkhair) sebagai pembina dari kami, sehingga ke depannya kita menggunakan laboratorium-laboratorium dengan status kerjasama,” terangnya.

Ia mengaku, rencana pembangunan kampus itu terletak di Kelurahan Jambula, Kota Ternate, dan  pengembangan lanjutannya akan dilakukan di Sofifi. Karena kampus ini didirikan dan beralamat di Kota Ternate, jadi lahan yang akan dibangun gedung itu terletak di Jambula.

Mantan Koordinator Prodi Biologi Unkhair Ternate ini juga menuturkan, UNUTARA memiliki dua fakultas, yakni Fakultad Sains dan Teknik (Saintek) yang didalamnya terdapat Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Prodi Kimia dan Prodi Biologi. Sementara Fakultas Ilmu Pendidikan, didalamnya terdapat Prodi Pendidikan IPA dan Prodi Pendidikan IPS.

“Jadi Prodi yang ada di Kampus UNUTARA ini belum ada di perguruan tinggi lain di Maluku Utara. Sehingga ini menjadi target dalam penerimaan mahasiswa baru,” jelasnya.

UNUTARA punya target capaian di tahun ini adalah melaksanakan penerimaan mahasiswa baru dalam tiga gelombang.

“Kita sudah melaksanakan perkuliahan perdana dengan lima program studi. Jadi target untuk penerimaan mahasiswa sudah kita laksanakan, dan nanti progres selanjutnya kita akan terus memantau dari kerja-kerja panitia penerimaan mahasiswa baru ini,” pungkasnya. (tr3/ask)

Respon (6)

  1. Ping-balik: stapelstein
  2. Ping-balik: relaxing
  3. This is very fascinating, You’re an overly skilled blogger. I have joined your rss feed and stay up for searching for extra of your excellent post. Additionally, I have shared your website in my social networks!

  4. I donā€™t even know how I ended up here, but I thought this post was great. I do not know who you are but certainly you’re going to a famous blogger if you aren’t already šŸ˜‰ Cheers!

  5. I am really impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you modify it yourself? Either way keep up the nice quality writing, it is rare to see a nice blog like this one these days..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *