MAJANG  

Usulan Pemekaran 5 Kelurahan di Kota Ternate Belum Memenuhi Syatat

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate, Hariyanto Hanadar. (Nisa/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pemerintah Kota Ternate diketahui mengusulkan lima kelurahan untuk dimekarkan menjadi kelurahan baru.

Kelima kelurahan yang diusulkan itu yakni Kelurahan Kalumata diusulkan menjadi dua kelurahan, begitu juga Kelurahan Tabona, Kelurahan Maliaro, Kelurahan Torano, dan Kelurahan Soa.

“Namun usulan pemekaran kelurahan baru tersebut masih terkendala administrasi,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate, Hariyanto Hanadar, yang ditemui usai rapat dengar pendapat (RDP) bersama Kepala Bagian Pemerintahan dan Kepala Bagian Hukum Setda Kota Ternate, Senin (23/5) tadi.

Menurut dia, usulan pemekaran itu belum memenuhi persyaratan terbaru tahun 2022 berupa luas wilayah yang ditetapkan kementerian dalam negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Bina Administrasi Kewilayahan.

“Yang lain-lain sudah memenuhi syarat, seperti jumlah penduduk dan senagainya. Hanya saja luas wilayah tidak memenuhi syarat. Sebab, luas wilayah yang diedarkan Kemendagri itu adalah 7000 meter per segi,” jelasnya.

“Kita sudah menyurat ke Kemendagri melalui Direktorat Bina Administrasi Kewilayahan untuk segera diakomodir. Namun balasan suratnya belum bisa diakomodir,” sambungnya.

Meski begitu, pihak DPRD dan Pemkota Ternate tetap berusaha berkonsultasi dengan kementerian terkait, agar beberapa kelurahan yang diusung itu bisa segera dimekarkan.

“Kami DPRD dan Pemerintah tetap akan berkonsultasi dengan Kementerian agar bisa dimekarkan. Sebab ada beberapa kelurahan yang memang layak untuk dimekarkan, namun kendalanya pada persyaratan baru dari Bina Administrasi Kewilayahan. Itu saja,” tukasnya. (nis/ask)

Respon (13)

  1. Ping-balik: connetix
  2. Ping-balik: Honda bf6 parts
  3. Have you ever considered creating an e-book or guest authoring on other sites? I have a blog based upon on the same subjects you discuss and would love to have you share some stories/information. I know my readers would appreciate your work. If you are even remotely interested, feel free to shoot me an e mail.

  4. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great. I do not know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you aren’t already 😉 Cheers!

Komentar ditutup.