Problem Masjid Raya Adalah Kesalahan Pemprov Malut

Anggota Komisi III DPRD Malut, Zulkifli Hi. Umar. (Mahfud/NMG)

PENAMALUT.COM, SOFIFI – Anggota DPRD Provinsi Maluku utara, Zulkifli Hi. Umar angkat bicara atas permasalahan utang Masjid Raya Sofifi yang belum dibayar ke PT. Anugerah Lahan Baru.

Menurut Zulkifli, problem masjid ini agak begitu rumit, karena proses pekerjaan melebihi anggaran. Dan ini adalah kesalahan pemerintah dalam mengantisipasi kondisi pembangunan yang harus disesuaikan dengan perisapan penyelenggaraan STQ pada waktu itu.

Ia menilai masalah ini juga diakibatkan perencanaan yang kurang begitu cermat dalam pengalokasian anggarannya.

“Artinya proses penganggaran ini semuanya direncanakan. Saya lihat ketika terjadi perubahan-perubahan, pemerintah dalam hal ini SKPD terkait tidak cermat melakukan perubahan di awal ketika mau proses tender. Saat awal pekerjaan sesuai dengan anggaran kemudian tidak dilakukan semuanya, harusnya ada pekerjaan-pekerjaan yang ditunda dulu. Sehingga tidak membengkak dan walaupun di bikin CCO, masih memungkinkan di bawa 10 persen,” ujarnya ketika dikonfirmasi Nuansa Media Grup (NMG), Rabu (29/6).

Dengan demikian kata dia, waktu pengajuan anggaran untuk perubahan memang rasanya rumit, karena BPKAD dan tim anggaran pemerintah daerah (TPAD) harus merujuk pada kegiatan yang belum terselenggara. Sehingga dipaksakan bisa jadi temuan.

“Kita DPRD juga cari jalan keluar agak susah menyampaikan solusinya. Sementara semua sudah dikerjakan. Sebab problemnya yang sama seperti terjadi pada kasus perumahan ASN III. Belum lagi sudah diketahui oleh publik,” katanya.

Politisi PKS ini meyarankan ke pihak rekanan, apabila sudah tidak ada jalan untuk menyelesaikan maslah tersebut, maka jalan satu-satunya menempuh jalan hukum.

“Jalan terkakhirnya kalau itu terkait dengan regulasi, maka hak-hak hukum yang harus mereka kejar, sehingga ada solusi untuk dibayar pemerintah,” sarannya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menegaskan sesuai kontrak pekerjaan Masjid Raya Sofifi, sudah dicairkan 100 persen.

“Jadi bukan ditunda pembayarannya, itu tidak benar. Karena dia masuk retensi itu tiga bulan, jadi per April itu suda dibayar. Terkahir kita bayar Rp 2.039.454.427,” kata Kepala BPKAD, Ahmad Purbaya, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (28/6).

Ia menjelaskan, yang dimaksud utang Rp 5,8 miliar adalah pengadaan item-item yang di mana tidak diakomodir dalam DPA.

Memang, kata dia, sebelumnya ada usulan dari Dinas PUPR untuk dimasukkan di APBD Perubahan tahun 2021 lalu. Akan tetapi tidak bisa, karena barangnya sudah ada.

“Kan barang sudah ada, baru dimasukkan APBD. Inikan melanggar aturan. Apalagi ini masuk item tambahan. Kalau kita mau cairkan anggaran, mana DPA-nya? Tidak ada. Setelah itu apakah sudah dilelang atau belum,” tanya dia.

“Yang jadi masalah ini bukan pembayaran masjid rayanya, tapi item tambahannya. Dan ini tidak bisa dicairkan. Bukan saya tidak mau cairkan, tapi prosedurnya tidak memenuhi. Sebab mana DPA dan bukti lelangnya. Kalau saya paksakan, dari mana dasa pembayarannya,” sambungnya.

Mantan Kepala Inspektorat Malut ini juga membantah terkait namanya yang ikut disebut diduga terlibat atas perbuatan salah satu ketua partai yang meminta fee proyek kepada rekanan.

“Kalau itu saya tidak tahu. Bagaimana caranya dia mendapatkan SP2D-nya. Kan harus diverifikasi dulu. Jadi bukan serta-merta kita dapat informasi sepihak lalu menghakimi orang. Yang saya tahu SP2D pembayaran 100 persennya sudah ada,” tukasnya. (ano/ask)

Respon (12)

  1. Ping-balik: lottovip
  2. Ping-balik: Library
  3. Hey there! This is kind of off topic but I need some help from an established blog. Is it very difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast. I’m thinking about making my own but I’m not sure where to begin. Do you have any ideas or suggestions? With thanks

  4. Ping-balik: 토렌트 사이트
  5. Hi, i think that i saw you visited my web site thus i came to “go back the choose”.I’m trying to find things to enhance my site!I suppose its ok to make use of a few of your ideas!!

  6. I have not checked in here for a while because I thought it was getting boring, but the last few posts are great quality so I guess I’ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

  7. Thank you for sharing superb informations. Your website is so cool. I am impressed by the details that you?¦ve on this website. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this web page, will come back for more articles. You, my friend, ROCK! I found simply the info I already searched everywhere and simply could not come across. What an ideal web site.

Komentar ditutup.