MAJANG  

Di Ternate, 18 Masjid Akan Laksanakan Salat Iduladha Besok

Masjid Agung Al-Muttaqin, salah satu masjid yang laksanakan salat Iduladha besok.

PENAMAMALUT.COM, TERNATE – Sejumlah masjid di Kota Ternate sudah melaksanakan salat Iduladha Sabtu (9/7) pagi tadi. Data yang dikantongi Nuansa Media Grup (NMG) menyebutkan, terdapat 100 masjid yang tersebar di Kota Ternate. Dari 100 masjid tersebut, 82 masjid sudah melaksanakan salat Iduladha pada Sabtu, (9/7).

masih ada 18 masjid yang memilih melaksanakan salat Iduladha pada Minggu (10/7). Ini karena 18 masjid tersebut menyesuaikan dengan putusan yang diambil Pemerintah Kota Ternate.

Sebanyak 18 masjid yang memilih melaksanakan salat Iduladha pada Minggu (10/7) adalah Masjid Al-Ijtihad Kelurahan Kalumata, Asrama Haji Kelurahan Ngade, Masjid Al-Quds Kelurahan Perumnas, Masjid An-Nafi Kelurahan Takoma, Masjid Al-Qoyyum Ponpes Umar Al-Faruk Kelurahan Kastela, Masjid Agung Al-Muttaqin Kelurahan Gamalama.

Kemudian Masjid Al-Huda Kelurahan Bastiong, Masjid Polres Ternate, Ponpes Darul Falah, Masjid Bukit Bintang, Kelurahan Dufa-dufa, Masjid Al-Amin Kelurahan Kayu Merah, Masjid Al-Ansor Falajawa Puncak, Masjid At-Taqwa Lingkungan Skep, Masjid Pondok Alkhairaat Kelurahan Kalumpang.

Masjid kampus IAIN Ternate Kelurahan Dufa-dufa, Masjid Ijtimaul Ikhwan Kelurahan Tabahawa, Ponpes Salafiyah Alkairaat Kelurahan Sasa, Masjid Al-Fatah Gamayou blok A, dan Masjid Nurusafa Kelurahan Gambesi.

ā€œSesuai data yang kami miliki, ada 100 masjid yang tersebar di Kota Ternate. Ini di luar dari musala. Dari 100 masjid itu, ada juga 500 imam di Kota Ternate. Jadi ada 18 masjid yang akan melaksanakan salat Id di hari Minggu. Yang jelas Pemkot mempersilakan setiap orang untuk menentukan, apakah salat hari Sabtu atau hari Minggu,ā€ jelas salah satu sumber di Pemkot Ternate.

Sebagaimana diketahui, beberapa hari lalu Wali Kota M. Tauhid Soleman, bersama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan pihak Badan Takmir Masjid (BTM) Al-Munawwar , menggelar pertemuan dan menetapkan salat Iduladha dilangsungkan hari Sabtu.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jasri Usman mengistruksikan seluruh pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Maluku Utara, agar melaksanakan salat Iduladha pada Mingg (10/7). Instruksi Jasri itu dengan kapasitas Ketua DPW PKB Maluku Utara. (udi/tan)

Respon (1)

Komentar ditutup.