DAERAH  

Ratusan Rumah Warga di Kepulauan Sula Terendam Banjir

Rumah warga yang terendam banjir. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, SANANA – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kepulauan Sula sejak pagi hingga sore Rabu (13/7) kemarin membuat ratusan rumah warga terendam.

Informasi yang dihimpun wartawan Nuansa Media Grup (NMG), ratusan rumah yang terendam itu tersebar di Desa Fagudu, Falahu, Fogi, Waihama, Wai Ipa, Umaloya, Pastina, dan Desa Wailau Kecamatan Sanana. Banjir juga merendam rumah warga di Desa Man Gega, Fukweu, dan Desa Pohea di Kecamatan Sanana Utara.

Total 450 rumah warga yang terendam banjir. Ratusan warga yang rumahnya terendam terpaksa dievakuasi.

“Tinggi air dari lutut hingga dada orang dewasa masuk ke rumah warga,” kata Iksan, salah satu warga Desa Waihama saat ditemui wartawan.

Akibat dari banjir ini membuat perabotan rumah dan alat elektronik seperti kulkas, televisi dan lainnya ikut rusak.

“Sebagian warga terpaksa mengungsi di rumah kerabat atau saudara yang ruamahnya tidak terdampak banjir,” tuturnya.

Bupati Fifian Adeningsi Mus melalui Kepala Bagian Humas, Maulana Usia, memerintahkan kepada seluruh pimpinan SKPD untuk memantau banjir yang terjadi di sejumlah titik dan melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak banjir.

Bupati juga memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan BPBD untuk berkoordinasi membentuk posko sementara agar dapat membantu warga terdampak banjir.

“Jadi Ibu Bupati sudah instruksikan kepada SKPD untuk segera bertindak menangani masalah banjir ini,” tukasnya. (ish/ask)

Respon (7)

Komentar ditutup.