Disarpus Malut Kumpulan Naskah Kuno

Proses pengumpulan naskan yang dilakukan tim Disarpus Malut

PENAMALUT.COM, SOFIFI – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Provinsi Maluku Utara akan mengusulkan naskah-naskah kuno ke UNESCO.

Kepala Disarpus Malut, Muliadi Tutupoho kepada Nuansa Media Grup mengatakan, pihaknya bakal bekerja keras mengumpulkan naskah-naskah kuno yang masih tersimpan, baik milik keluarga maupun milik pribadi.

“Pengumpulan naskah kuno in, merupakan salah satu dukungan untuk pengusulan Jalur Rempah ke UNESCO oleh Pemerintah Indonesia,” Senin (5/12)

Muliadi menuturkan, Maluku Utara adalah salah satu daerah yang dijadikan rute perjalanan jalur rempah-rempah. Sehingga dipastikan memiliki sejumlah dokumen atau naskah termasuk situs yang masih tersimpan di sejumlah kerajaan, keluarga maupun koleksi pribadi.

Ia menyampaikan, salah satu upaya untuk menemukan naskah-naskah kuno tersebut, salah satunya melalui festival dengan tujuan masyarakat nanti mendaftar.

“Dan itu juga dukungan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang nantinya naskah dilakukan dengan digitalisasi. Pemprov Malut akan menelusuri arsip-arsip di Malut baik yang punya keluarga maupun masyarakat, nantinya kita daftar arsipnya dan kita digitalisasi dan menjadi arsip yang dikirim ke UNESCO,” pungkasnya. (ano/ask/adv)

Respon (6)

  1. Ping-balik: faceless niches
  2. Ping-balik: buy camino gummies
  3. Ping-balik: dianabol kaufen legal
  4. Ԍreetings from Calіfornia! I’m b᧐red tօ death at work
    so I decided to Ƅrowse your website on my iphone during lᥙnch
    breɑk. I enjoy the қnowledge you provide here аnd can’t wait to taҝe a look when I get һome.
    I’m shocқed at how quick your blog ⅼoaded on my mobile ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, wonderful blоg!

Komentar ditutup.