DAERAH  

Pemkab Halmahera Selatan Sediakan Angkutan Mudik Gratis untuk Warga

Kepala Dishub Halmahera Selatan, Ramly Manui. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, LABUHA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan melalui Dinas Perhubungan (Dishub), menyediakan layanan mudik gratis untuk kapal laut. Kebijakan mudik gratis oleh Bupati Bassam Kasuba ini dikhususkan untuk warga dari Kota Ternate ke Halmahera Selatan yang ingin pulang kampung merayakan Hari Raya Idulfitri 1445 H bersama keluarga.

Hal ini disampaikan Kepala Dishub Halsel, Ramly Manui, usai menggelar rapat bersama Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Saiful Turuy dan para kepala bidang, Selasa (26/3).

“Bupati Halmahera Selatan sudah memberikan instruksi kepada kami untuk rapat mengatur mudik gratis menjelang lebaran Idulfitri tahun 2024. Ini adalah perhatian khusus dari Bupati Halsel,” ujarnya.

Menurut dia, mudik gratis ini direncanakan menggunakan kapal dari Ternate-Kupal-Obi. Sedangkan untuk Ternate-Babang, kapal akan di-carter sehingga dari Ternate akan menyinggahi Makian, selanjutnya ke Kayoa Laromabati, Dolik, Saketa dan lanjut ke Pelabuhan Babang.

“Namun, kebijakan ini hanya berlaku untuk warga Halmahera Selatan yang kebutuhan hidupnya berada di luar dan berkeinginan untuk mudik di Halsel,” jelasnya.

Tak hanya menyediakan mudik gratis, Pemkab Halmahera Selatan juga menyiapkan dua posko pengamanan untuk kenyamanan dan keamanan para pemudik. Posko pertama akan dibangun di Pelabuhan Bastiong Ternate dan kedua di Pelabuhan Kupal.

“Kebijakan mudik gratis yang diperintahkan oleh Bupati Halsel ini menjadi bukti kepedulian dan perhatian atas kebutuhan masyarakatnya. Para pemudik tidak perlu lagi khawatir dengan biaya transportasi yang tinggi dan dapat pulang ke kampung halaman dengan tenang,” tandasnya. (rul/tan)