Pilkada Halut Diisi Dua Kontestan, Cun-Kasman Jadi Penonton

0

PENA – Hari terakhir pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati (Bapaslon) Halmahera Utara (Halut), yang jatuh pada hari ini, Minggu 6 September, sejak pagi tadi hingga malam ini menjelang penutupan, Bapaslon Hariyanto Tantry dan Kasman Hi. Ahmad (Cun-Kasman) tidak juga mendaftarkan diri.

Pantauan penamalut.com, pada sore tadi pukul 17.51 WIT, posko pemenangan Cun-Kasman di Desa Gosoma tampak para pendukung berdatangan. Massa pendukung yang menanti Bapaslon Cun-Kasman berkumpul bersama kendaraan milik mereka, baik roda dua, roda empat, ataupun bentor. Massa masih berharap kedatangan keduanya yang kabarnya sedang bertolak dari Jakarta.

Para pendukung berharap kedua bapaslon ini tiba sekaligus menenteng rekomendasi partai agar bisa mendaftarkan diri ke  KPUD Halut.

Ditemui di posko Cun-Kasman, salah satu pendukung bernama Rudi, mengatakan jika dirinya berharap ada informasi jelas dari tim pemenang yang ada di posko, apakah masih ada peluang Cun-Kasman lolos atau tidak.

“Tong juga perlu tau so berapa rekomendasi partai yang dimiliki,” tanya dia, berharap.

Berbagai spekulasi publik muncul dan menganggap bapaslon ini sudah tak bisa lagi mendaftar ke KPUD.  Pasalnya sudah memasuki hari terakhir dan keduanya belum mendapat rekomendasi partai politik yang disyaratkan KPUD dengan perolehan 5 kursi di DPRD.

Dari informasi yang diperoleh, koalisi Cun-Kasman hanya diisi oleh dua partai, yakni PPP dan Partai Berkarya. Dukungan keduanya tidak bisa memenuhi syarat dukungan yang dituangkan dalam peraturan KPU.

Dengan begitu, maka pemilihan bupati dan wakil bupati Halut hanya diikuti oleh dua kontestan, yaitu Joel B. Wagoni-Said Badjak dan Frans Manery-Mulis Tapi Tapi.

Hal ini dibenarkan oleh Abner Nones, saat dikonfirmasi dia mengaku sudah tidak bisa lagi mendaftar, karena Cun-Kasman sementara di Jakarta. Hingga berita ini diturunkan, waktu pendaftaran Pilkada serentak sesuai ketentuan PKPU telah ditutup, dan Cun-Kasman dipastikan jadi penonton di Pilbup Halut. (FN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here