Kunci Pembangunan Halsel Menurut Helmi Umar Muchsin

  • Bagikan
Calon bupati Halsel, Helmi Umar Muchsin. (Istimewa)
banner 468x60

PENA – Wilayah Halmahera Selatan (Halsel) memiliki karakteristik gugus pulau. Untuk itu, Halsel merupakan miniatur dari karakteristik wilayah Provinsi Maluku Utara (Malut). Hal itu disampaikan calon bupati Halsel, Helmi Umar Muchsin kepada Penamalut.com, Rabu (23/9).

Helmi mengatakan, salah satu kunci dalam mendorong percepatan pembangunan di Halsel adalah dengan membangun konektivitas wilayah secara memadai dan bersifat generatif, atau bersifat saling menguntungkan antar kabupaten maupun kota. Kebalikan dari pembangunan yang sejauh ini dianggap parasitif.

Penguatan konektivitas yang dimaksudkan, jelas Helmi, adalah konektivitas infrastruktur antar wilayah. Hal ini diperlukan untuk menghubungkan wilayah dan pulau-pulau guna meningkatkan aktivitas perekonomian sekaligus mengurangi ekonomi biaya tinggi.

Selain itu, dengan adanya interkoneksi wilayah dan pulau-pulau, maka upaya mengoptimalkan potensi yang dimiliki Halsel seperti pertanian dan perikanan dapat dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal dan juga terukur.

Upaya ini dilakukan, tidak lain untuk menjawab permasalahan penting yang dihadapi masyarakat selama ini. Yakni, masyarakat yang menghadapi ekonomi biaya tinggi untuk memasarkan hasil produksinya pada satu sisi, dan pada sisi lain konektivitas yang sudah baik tapi harus diakui masih memiliki keterbatasan.

Tidak saja potensi pertanian dan perikanan, potensi pariwisata juga akan terdorong dengan baik manakala konektivitas wilayah dan pulau-pulau dapat diwujudkan secara memadai. (*)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *