Serigala Utara Bekuk Tiga Pelaku Spesialis Pencuri Barang Elektronik

0
Kapolsek Ternate Utara, Iptu Joni, saat melakukan konferensi pers kasus pencurian barang elektronik. (Nda/Penamalut)

PENA – Tim Resmob Serigala Utara, Polsek Ternate Utara, berhasil menangkap tiga pelaku kasus pencurian barang elektronik yang beroperasi di wilayah Kota Ternate. Ketiga pelaku yang diamankan itu adalah SB alias Oman (25), NT alias Pokes (31), dan KB alias Komar (32).

Kapolsek Ternate Utara, Iptu Joni Aryanto menjelaskan bahwa penangkapan ketiga pelaku itu atas dasar laporan warga yang melaporkan hilangnya dua unit handphone (HP) merk Xiaomi pada saat berada di Sekretariat Panwascam Ternate Utara, Kelurahan Sangaji, Kota Ternate.

Setelah mendapatkan laporan pada Sabtu (30/1), Kapolsek langsung memerintahkan anggota Resmob untuk melakukan penyelidikan terkait kasus pencurian ini. Tim Resmob langsung bergerak dengan mendatangi beberapa konter handpone di Kota Ternate dan menemukan satu unit HP merek Xiaomi di salah satu konter di Kelurahan Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan. “Setelah dilakukan pengecekan IMEI-nya, ternyata cocok dengan yang dilaporkan warga,” kata Kapolsek yang didampingi Kasubag Humas Polres Ternate, Ipda Wahyudin, dan Kanit Reskrim pada saat konferensi pers, Selasa (2/2) tadi.

Anggota kemudian melakukan interogasi terhadap pemilik konter, ternyata HP tersebut dititipkan pelaku Oman untuk membuka kode HP-nya lantaran terkunci. Pelaku Oman berpesan akan mengambil kembali HP tersebut pada pukul 21:00 WIT malam.

Polisi pun menyamar dan mengintai kedatangan pelaku. Tepat di jam yang dijanjkan, pelaku mendatangi konter tersebut untuk mengambil HP hasil curiannya itu. Anggota Resmob yang berada di lokasi langsung melakukan penangkapan. Saat diintrogasi, pelaku Oman mengaku bertindak tidak sendirian. Ia dibantu dua orang temannya.

Petugas kemudian melakukan pengembangan dan penyelidikan. Butuh waktu tiga hari, kedua pelaku tersebut berhasil dibekuk di salah satu kontrakan yang beralamat di Kelurahan Salero, Ternate Utara. Dari hasil pengembangan terhadap ketiga pelaku, mereka mengaku dalam sebulan terakhir sudah melakukan pencurian di sejumlah kelurahan, baik Ternate Tengah maupun Ternate Utara.

Modus yang dilakukan para pelaku sebelum beraksi adalah dengan cara mendatangi kantor dan rumah di malam hari, antara pukul 02.00 WIT sampai 04.00 dinihari. Mereka terlebih dahulu melakukan pemantauan. Apabila melihat kondisi rumah atau kantor sepi, para pelaku pun langsung melancarkan aksi pencuriannya.

Para pelaku ini masuk ke dalam rumah dengan cara merusak atau mencungkil jendela rumah menggunakan obeng. “Setelah berhasil membuka jendela, pelaku yang bernama Pokes masuk ke dalam rumah. Sementara Oman dan Komar memantau situasi di luar,” jelas perwira dua balak itu.

Dari hasil pengembangan yang dilakukan petugas, terdapat 16 buah unit HP berbagai bermacam merek, 3 buah unit laptop, dan 2 unit kamera. Atas perbuatanya, ketiga pelaku dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 3e, ke 4e, ke 5e subsider pasal 362 junto pasal 64 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Kapolsek juga mengimbau kepada mayarakat yang merasa kehilangan barang elektronik berupa HP maupun laptop, agar segera melapor ke Polsek Ternate Utara dengan membawa kelengkapan berupa surat-surat, dus atau bukti pembelian barang yang hilang tersebut. (nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here