Gandeng TNAL, DLH Malut Peringati HPSN 2021

  • Bagikan
Kepala DLH Malut, Fachruddin Tukuboya (kacamata) membagikan tempat sampah kepada warga dalam rangka HPSN 2021. (Istimewa)
banner 468x60

PENA – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021 ditetapkan pada 21 Februari 2021 diperingati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku Utara bersama Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL).

Peringatan HPSN 2021 ini mengangkat tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”. HPSN 2021 ini dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan, diantaranya bersih-bersih sampah di pantai wisata Baromodoe, Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepualaun.

Selain itu, juga kampanye sadar sampah dan pembagian tempat sampah 3R kepada Kelurahan Baromadoe, pelaku usaha lokasi wisata pantai Baromodae, Universitas Bumi Hijrah, SMA dan SMK di Sofifi, dan pembagian tumbler kepada Dharma Wanita Persatuan (DWP) Malut kepada mahasiswa dan pelajar di Sofifi.

Kepala DLH Malut, Fachruddin Tukuboya yang hadir bersama-sama warga melakukan pembersihan pantai mangatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan terutama dilokasi wisata pantai seperti Baromodae. Sampah tersebut harus dimanfaatkan kembali atau bisa diolah kembali, sehingga bisa bernilai ekonomis.

“Sampah ini misalkan sampah plastik dari bekas minuman dan bungkusan makanan bisa dijadikan biji plastik dan bahan bakar pengganti minyak tanah. Selain itu, pembagian tumbler ini bertujuan untuk mengkampayekan pengurangan air minum kemasan plastik,” ujar Fachruddin.

Sementara Kepala TNAL, Hery Wibowo yang ikut hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan HPSN ini. Menurutnya, dengan membagikan tempat sampah kepada masyarakat diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik. “Kita berharap masyarakat memanfaatkan tempat sampah ini, sehingga dapat membuang sampah pada yang telah disediakan,” harapnya. (ask)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *