banner 728x250

Halmahera Barat Siap Jadi Tuan Rumah Grup II Pra Musim Liga 3 PSSI

  • Bagikan
Wakil Bupati Halmahera Barat, Djufri Muhammad, saat menerima kunjungan dari Panitia Pelaksana Pra Musim Liga 3 Wilayah Timur, Kamis (10/6). (Istimewa)
banner 468x60

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) siap mejadi tuan rumah turnamen sepak bola Pra Musim Liga III PSSI Wilayah Timur. Halbar dipastikan menjadi tempat berlaga untuk Grup II turnamen pra musim.

Hal itu terungkap setelah Ketua Panitia Pelaksana Pra Musim Liga 3 Wilayah Timur Muhdin Taha, bertemu dengan Wakil Bupati Halmahera Barat Djufri Muhammad, Kamis (10/6) di ruang kerja Wabup Halbar.

banner 336x280

“Halmahera Barat siap menjadi tempat penyelenggara grup II turnamen Pra Musim Liga 3 wilayah Timur,” ungkap Djufri Muhammad, saat bertemu dengan Ketua Panitia Pelaksana Muhdin Taha.

Djufri mempersilahkan panitia menunjuk atau merekomendasi lapangan yang akan menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan tersebut, sebab di Halbar ada beberapa lapangan sepak bola yang memenuhi syarat.

Menurutnya, salah satu lapangan sepakbola yang diincar panitia adalah lapangan milik TNI atau Kompi 732 Banau di Jailolo. Untuk itu, Pemda akan segera berkoordinasi dengan pihak TNI.

Tak hanya itu, Djufri yang juga sebagai Ketua Umum Persihalbar menyatakan, tim Persihalbar telah siap untuk mengikuti turnamen PSSI tersebut.

“Bahkan Persihalbar telah dua hari melakukan seleksi pemain untuk mengikuti Pra Musim Liga 3,” katanya.

Selain itu, dia mengaku, akan melaporkan hasil pertemuan dengan penyelenggara Pra Musim Liga 3 kepada Bupati Halbar.

Sementara itu, Ketua Panitia Muhdin Taha menjelaskan, keputusan PSSI Pusat penyelenggaraan Liga Sepakbola Pra Musim Liga Tiga PSSI di Provinsi Maluku Utara akan dihelat pada awal Juli 2021 nanti.

Untuk perhelatan liga tingkat nasional itu, panitia mengincar lima kabupaten dan kota sebagai lokasi pertandingan. Empat daerah tersebut masing-masing Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Selatan, Halmahera Barat dan Halmahera Utara.

“Lima kabupaten dan kota saat ini menjadi incaran panitia karena memiliki stadion yang layak sebagai tempat penyelenggaraan Pra Musim PSSI,” ungkap Muhdin.

Kendati lokasi pertandingan lima daerah telah diputuskan panitia, akan tetapi panitia atas ijin Asprov akan melakukan pertemuan pimpinan masing-masing daerah.

“Iya sudah menjadi keputusan, tetapi panitia juga harus sililoa (sampaikan) kepada masing-masing kepala daerah,” tambahnya.

Muhdin mengatakan, jadwal penyelenggaraan Pra Musim Liga 3 akan segera dirilis. Sekitar 16 kesebelasan bakal berlaga. Dari 16 kesebelasan tersebut, tidak hanya klub atau tim dari provinsi Maluku Utara. Ada juga dari Maluku, Sulawesi Utara, Papua dan Papua Barat.

”Pelaksanaan Liga Tiga Pra Musim tersebut rencananya akan digelar pada akhir bulan Juni atau awal bulan Juli 2021 mendatang,” kata Muhdin.

Liga Tiga Pra Musim akan memperebutkan Piala Gubernur Maluku Utara sekaligus menjalin silaturahmi antara Tim Sepakbola dari Maluku Utara dengan tim dari luar Maluku Utara yang akan bertanding untuk meningkatkan Sepakbola di Wilayah Timur.

Dari 16 tim kesebelasan yang akan berlaga nanti, panitia menyiapkan jatah 9 kesebelasan asal Maluku Utara yang merupakan tim yang telah terdaftar di PSSI. Diantaranya, Persiter Ternate, Persis Soa-Sio, Persitikep, Persihalbar, Persibu, Persihalsel, Persihalut dan Persitob.

Dalam turnamen tersebut dari 16 kesebelasan akan dilakukan undian untuk menentukan 4 grup, dimana satu grup akan diisi 4 kesebelasan.

“Dari 4 grup tersebut akan lolos 8 kesebelasan untuk masuk ke perempat final, lalu babak semi final dan final akan dilaksanakan di Ternate,” kata Alan sapaan Muhidn Taha seraya menambahkan Liga Sepakbola Pra Musim Liga Tiga tetap mengikuti ketentuan menggunakan protokol kesehatan secara ketat. (*)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *