Garda NasDem Malut Gelar Pemuda Siaga Pandemi Dengan Donor Darah

  • Bagikan
Foto bersama dengan Ketua DPW Garda Nasdem Malut, M. Ghifary Bopeng, disela-sela kegiatan donor darah. (Karno/Penamalut)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Pemuda NasDem Provinsi Maluku Utara, menggelar kegiatan donor darah bertempat di Kantor Nasdem, Kelurahan Takoma, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Minggu (15/8) tadi.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Garda Wanita, Yayasan Dagymoi, Sahabat Sahati, dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Ketua DPW Garda pemuda NasDem Malut, M. Ghifary Bopeng disela-sela kegiatan menyampaikan, gerakan donor darah ini adalah salah satu kegiatan Pemuda Siaga Pendemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma).

Donor plasma merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Garda Pemuda NasDem yang dilaunching oleh Prananda Surya Paloh dan diikuti pengurus wilayah
di seluruh Indonesia.

Kata Ghifary, melalui koordinasi Ketua PMI Malut, Prof. Husen Alting, dibuatlah kesepakatan untuk melakukan donor darah biasa, karena donor plasma berkaitan dengan kelengkapan rumah sakit.

“Khusus kita di Maluku Utara karena fasilitas rumah sakit tidak memadai untuk donor plasma, maka kita kordinasi dengan PMI dibuatlah donor darah biasa,” ucapnya

Selain program PSP donor darah, pengurus DPW Garda Pemuda NasDem juga melaksanakan program mengenai PSP berbagi yang dilaksanakan setiap Jumat oleh seluruh pengurus DPD di 10 kabupaten/kota.

“Program PSP berbagi itu wajib bagi pengurus DPD memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu, dan ini dilakukan secara berkelanjutan. Pada Jumat pekan kemarin pengurus DPD Nasdem kota Ternate, DPD Nasdem Halbar, Halut dan Morotai sudah melaksanakan program ini,” jelasnya

Menurutnya, kegiatan donor darah ini sudah ada kerjasama antara Garda Pemuda Nasdem dengan PMI Pusat. Karena sudah ada kerjasama dengan DPP Garda, sehingga semua DPW wajib mengandeng PMI untuk melakukan kegiatan donor darah.

Dari pantauan wartawan, masyarakat sangat antusias datang mendaftar diri pada kegiatan donor darah ini. Ada ratusan warga yang mengikuti proses pemeriksaan kesehatan di PMI untuk memenuhi syarat bagi yang bisa donor darah dan ada yang tidak.

Kegiatan itu juga diikuti mantan Ketua DPD Nasdem Jota Ternate Husni Bobeng dan mantan Ketua DPW Nasdem Malut Ishak Naser juga ikut serta melakukan donor darah. (ano/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!