Anggaran Pelaksanaan HUT RI di Pemkab Halsel Dipertanyakan

  • Bagikan
Kantor Bupati Halmahera Selatan. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, LABUHA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwsata mengalokasikan anggaran 304 juta untuk pelaksanaan upacara HUT RI baru-baru ini.

Pelaksanaan upacara HUT RI yang semulanya dilaksanakan di lapangan Asombang, namun dialihkan ke lapangan upacara kantor Bupati Halsel lantaran terbentur edaran Mensesneg.

Ketua Panitia HUT yang juga Kepala Dispora dan Pariwisata Halsel, Rusli Hi. Sabtu menjelaskan, pelaksaan upacara awalnya akan dilaksanakan di lapangan Asombang, namun edaran dari Mensesneg, sehingga Bupati Halsel mengambil langkah memindahkan tempat upacara.

“Ketentuannya peserta dalam upacara tersebut hanya berjumlah 40 orang. Jadi dibatasi,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon belum lama ini.

Terkait anggaran 304 juta, kata dia, pihaknya sudah menyerahkan ke pihak ketiga berkisar diatas 50 juta. Namun Rusli enggan menyebut siapa pihak ketiga dan untuk apa anggaran tersebut diberikan.

“Kalau soal itu tidak usah tahu sudah,” katanya sembari menutup telepon.

Sikap Kadispora yang tidak terbuka dengan anggaran tersebut mendapat tanggapan keras praktisi hukum Safri Nyong.

Safri meminta Kadispora harus terbuka dengan anggaran 304 juta dan juga memberikan penjelasan ke publik terkait anggaran 50 juta lebih yang diberikan ke pihak ketiga.

“Mestinya pihak ketiga juga harus disebutkan, bukan disembunyikan. Selain itu, Kadispora harus menyampaikan anggaran sisa yang terpakai dan sisanya berapa ?,” tanya Safri.

Safri bilang, pengelolaan anggaran itu harus transparan dan terbuka, agar tidak menjadi tanda tanya di kalangan publik. Ini sebagaimana visi misi dari Bupati dan Wakil Bupati Halsel menciptakan birokrasi yang jujur, adil, transparan dan efektivitas dalam setiap pelaksaannya.

“Jadi harus terbuka,” pintanya.

Sekadar diketahui, anggaran 304 juta itu dibagi dalam tiga item, yakni anggaran penyelenggaraan acara sebesar Rp 84 juta, anggaran untuk makan minum Rp 130 juta, dan anggaran PDL pakaian untuk Paskibraka serta honorarium pasukan 46 penggerek bendera sebesar Rp 90 juta. (rul/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!