Dokumen Labuha Smart City Ada Sejak Tahun 2019

Cover dokumen Labuha Smart City.

PENAMALUT.COM, LABUHA – Polemik dokumen Labuha Smart City yang diklaim Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik sebagai gagasannya ternyata dokumennya itu ada sejak tahun 2019 lalu, atau tepat di masa kepemimpinan Bahrain Kasuba yang kala itu masih menjabat Bupati Halsel.

Hal ini terlihat dari dokumen laporan akhir Labuha Smart City yang ditujukan kepada Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan tahun Anggaran 2019. Dokumen ini disusun oleh tim ahli dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Didalam dokumen smart city juga membahas tentang metode pelaksanaan pekerjaan pengembangan roadmap smart city yang akan dilakukan berdasarkan model yang telah dikembangkan tim ITB, yaitu Garuda Smart City Framework.

Dalam dokumen yang terdiri dari 101 halaman itu memuat banyak sekali penjelasan mengenai smart city, yakni mulai dari metode pelaksanaan pekerjaan, assessment dan penilaian kematangan smart city hingga roadmap Smart City Labuha.

Hal ini juga sebelumnya sudah diakui Ketua Pelaksana Labuha Smart City, Samsudin Abas dalam dialog yang digagasa KNPI Halsel, Rabu (8/9) malam lalu. Namun belakangan Samsudin menyampaikan bahwa konsep Smart City merupakan yang pertama kali di Maluku Utara dan digagas oleh Bupati Usman Sidik.

Samsudin Abas yang dihubungi wartawan, Sabtu (11/9) malam meminta agar persoalan ini tidak perlu dipermasalahkan lagi. Sebab ini merupakan pembangunan yang berkelanjutan.

“Kalau ini dipermasalahkan terus, maka akan menjadi lain lagi. Sudah jelas dalam pembahasan kemarin. Kami sebagai pemerintah daerah, jadi kami tidak akan membuat sesuatu yang menjadi lain, karena itu bukan poinnya,” ujarnya.

Menurut dia, apa yang dilakukan pihaknya dalam pemerintahan baru ini adalah hal-hal yang menjadi kebutuhan seperti yang termuat dalam dokumen smart city.

Akademisi Fakultas Ekonomi Unkhair, Dr. Muamil Sunan. (Dok pribadi)

“Karena dokumennya sudah ada, dan saat ini kami lagi sedang mengkajinya. Dokumen smart city yang sudah ada itu sejak 2020, hanya saja kami menyesuaikan dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Halsel Usman-Bassam saat ini,” pungkasnya.

Sementara Akademisi Unkhair Ternate, Dr. Muammil Sunan menjelaskan, smart city merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Syarat utama dalam mewujudkan smart city, kata dia, adalah di mana infrastruktur yang dimiliki telah memadai, ruang fiskal yang luas, serta tumbuhnya peluang-peluang bisnis. Dengan demikian, untuk Halsel secara geografis bisa saja dilakukan di wilayah-wilayah yang telah siap infrastrukturnya.

“Berdasarkan pada tujuan smart city diatas, maka tentunya Halsel harus fokus pada bagaimana memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tentunya Pemda Halsel bisa mempertinggi efisiensi dalam pelayanan publik,” jelas Dosen Fakultas Ekonomi Unkhair itu.

Ia bilang, dengan adanya smart city, diharapkan dapat mewujudkan sebuah kota yang berkinerja baik dengan berpandangan ke dalam ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, dan lingkungan hidup.

“Untuk itu, diperlukan juga dukungan anggaran yang cukup serta sumber daya yang memadai. Sehingga dapat terwujudnya smart city,” tukas Muamil mengakhiri. (rul/ask)

Respon (44)

  1. Illuderma is a serum designed to deeply nourish, clear, and hydrate the skin. The goal of this solution began with dark spots, which were previously thought to be a natural symptom of ageing. The creators of Illuderma were certain that blue modern radiation is the source of dark spots after conducting extensive research. https://illudermabuynow.us/

  2. My coder is trying to persuade me to move to .net from PHP. I have always disliked the idea because of the expenses. But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on numerous websites for about a year and am anxious about switching to another platform. I have heard good things about blogengine.net. Is there a way I can import all my wordpress posts into it? Any kind of help would be really appreciated!

  3. Ping-balik: rudee11
  4. Thanks for the auspicious writeup. It in truth was once a entertainment account it. Look complex to more introduced agreeable from you! However, how could we keep up a correspondence?

  5. This is very interesting, You’re a very professional blogger. I have joined your feed and look forward to in quest of extra of your magnificent post. Additionally, I’ve shared your website in my social networks!

Komentar ditutup.