Datangi Kantor Bupati, Warga Desak Copot Kades Ake Jailolo

  • Bagikan
Warga Ake Jailolo saat menggelar aksi di depan kantor Bupati Halbar, siang tadi. (Haryadi/NMG)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Puluhan masyarakat Desa Ake Jailolo, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, menggelar aksi demonstran di depan Kantor Bupati Halbar, Kamis (25/11).

Dalam aksinya, warga mendesak Bupati Halbar, James Uang, segera mencopot Kepala Desa Ake Jailo, Suwandi Sake, lantaran diduga menyalahgunakan anggaran desa berupa DD dan ADD tahun 2018-2019. Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Halbar, ditemukan kerugian negara mencapai Rp 50.000.000.

“Masyarakat Ake Jailolo resah dengan masalah ini, akan tetapi Bupati dan Wakil Bupati Halbar justru mengabaikan permasalahan yang ada. Sebab sampai saat ini belum memecat Kades Ake Jailolo yang diduga melakukan korupsi senilai 50 juta,” ujar salah satu orator aksi, Noval Sabale.

Menurutnya, masyarakat Ake Jailolo hanya menuntut keadilan agar Bupati segera mengeluarkan SK pemberhentian Kades.

Meski Kades sudah melakukan pengembalian kerugian negara, namun Bupati harus mengeluarkan SK pemecatan.

“Saat ini Pemerintahan Kabupaten Halmahera Barat dan pemerintah kecamatan telah berafiliasi untuk menumbuhkan mafia-mafia di desa,” cecarnya.

Agus Hamisi, orator lainnya juga menyebut Bupati dan Wakil Bupati Halbar takut memecat Kades Ake Jailolo.

“Jika tuntutan kami tidak diakomodir oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, maka kami akan memboikot jalan Trans Halmahera,” ancam massa aksi. (adi/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!