DAERAH  

DPRD Halbar Tolak Rencana Pembangunan Jembatan Timbang oleh Kemenhub

Rapat antara DPRD, Pemkab Halbar dan pihak Balai BPTD terkait pembebasan lahan pembangunan jembatan timbang. (Haryadi/NMG)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Rencana Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXIV Provinsi Maluku Utara membangun jembatan timbang di simpang Desa Boso, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, tidak mendapatkan persetujuan oleh DPRD Halbar.

Ketua Komisi II DPRD Halmahera Barat (Halbar), Dasril Usman, ditemui wartawan usai melakukan rapat dengar pendapat (RDP) gabungan Komisi II dan III bersama pihak Balai, dan Pemkab Halbar pada Senin (25/7) tadi mengatakan, pembangunan jembatan timbang yang direncanakan akan dibangun di persimpangan Desa Boso itu tidak berdampak pada Pemerintah Kabupaten Halbar.

“Kami dari DPRD setelah melakukan kajian, ternyata tidak ada dampak terhadap pemerintah daerah dari sisi retribusi. Sementara Pemda harus memfasilitasi lahan seluas dua hektar,” ujarnya.

Menurutnya, Desa Boso itu punya wilayah emas, karena wilayah pertigaan di antara Halut dan Sofifi. DPRD dan pemerintah daerah berkepentingan di wilayah itu, karena banyak keuntungan yang bisa didapat ketika dibuat pembangunan yang ada retrebusinya.

Ia menyebut pembangunan jembatan timbang ini hanya memfasilitasi Pemerintah Halut dan Sofifi dalam hal regenerasi kendaraan bermotor, terkecuali titik koordinatnya ada di Sidangoli Gam atau di Sidangoli Dehe, karena itu berpotensi untuk ada regenerasi.

“Artinya bahwa tingkat pengawasannya lebih bagus dan kuat untuk tindakan kendaraan di daerah Halbar,” tuturnya.

Sementara untuk uji KIR itu kembali ke daerah asal kendaraan tersebut, walaupun wilayah pembangunan jembatan timbangan itu ada di Halbar. Ia mencontohkan kendaraan yang berasal dari Halmahera Utara, maka harus kembali ke Halut. Begitu juga di Sofifi dan sebagainya.

“Jadi transportasi bahan-bahan pokok dan sebagainya itu tidak melalui Desa Boso, dia langsung ke sidangoli Gam dan juga Sidangoli Dehe. Sehingga tidak berefek apa-apa. Jadi secara pribadi kalau boleh pemerintah daerah harus mempertimbangkan lagi terkait dengan pembangunan jembatan timbangan,” tandasnya.

Sementara Kepala BPTD wilayah XXIV Maluku Utara, Lilik Handoyo mengatakn, selama ini pihaknya masih dalam proses usulan pendanaan salah satu kelengkapannya data dukung terkait dengan lahan.

Terkait dengan lahan, sebelumnya sudah melalui proses dan kajian yang dilakukan dari pemerintah pusat dengan menunjukan lokasi di simpang Desa Boso yang merupakan skala prioritas dari calon Unit Pelaksanaan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB). Sehingga pihaknya menindaklanjuti untuk proses hibah lahan, karena lahan tersebut kepemilikannya adalah Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat.

“Prosedur inilah yang kami bicarakan dalam rapat tadi. Kami dalam pengusulan anggaran harus clear and clean terkait dengan masalah lahan. Untuk itu ini kesempatan baik kami diundang di DPRD untuk membahas bagaimana proses hibah lahan ini bisa difasilitasi oleh DPRD. Jadi nanti dari pemerintah daerah menghibahkan lahan ke kami, guna usulan perencanaan pembangunan UPPKB,” jelasnya.

Sekadar diketahui, pembangunan jembatan timbang ini guna mengawasi kendaraan angkutan barang jalur Trans Halmahera yang bertujuan keselamatan dan perawatan jalan.

Setiap kendaraan angkutan barang akan ditimbang. Jika melebihi muatan akan dibongkar di tempat, termasuk pengukuran panjang bak kendaraan yang tidak bisa melebihi batas yang ditentukan. (adi/ask)

Respon (27)

  1. Ping-balik: incalzire industriala
  2. Ping-balik: content
  3. wonderful submit, very informative. I ponder why the opposite experts of this sector don’t realize this. You should continue your writing. I’m sure, you have a great readers’ base already!

  4. пансионат в подмосковье все включено недорого
    санаторий автотранспортник отзывы
    город анапа санаторий малая бухта

    resort spa крым

  5. Hello, you used to write excellent, but the last few posts have been kinda boringK I miss your great writings. Past few posts are just a bit out of track! come on!

  6. Ping-balik: Stromba Kaufen
  7. Ping-balik: hkusa
  8. Hi , I do believe this is an excellent blog. I stumbled upon it on Yahoo , i will come back once again. Money and freedom is the best way to change, may you be rich and help other people.

  9. Wow! This could be one particular of the most beneficial blogs We have ever arrive across on this subject. Basically Fantastic. I’m also a specialist in this topic so I can understand your effort.

Komentar ditutup.