Rakor, KPU Sula Bahas Berakhirnya Tahapan Keanggotaan Parpol Peserta Pemilu 2024

Suasana rapat koordinasi yang digelar KPU Kabupaten Kepulauan Sula. (Isrudin/NMG)

PENAMALUT.COM, SANANA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sula menggelar rapat koordinasi terkait masa berakhirnya tahapan verifikasi faktual (verfak) keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024, Kamis (3/11) malam.

Rapat ini dipimpin langsung Ketua KPU Kepulauan Sula, Yuni Yunengsih Ayuba bersama anggotanya Ramli K. Yacub, Ifan S. Buamona, Samsul Bahri Teapon dan Hamida Umalekhoa serta pengurus partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Yuni mengatakan, bahwa rapat koordinasi ini terkait masa menjelang berakhirnya tahapan verifikasi faktual (Verfak) kepengurusan dan keanggotan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024.

Ia menyebutkan, partai politik yang dilakukan verfak terhadap anggota partai yang tersebar di 12 kecamatan di antaranya Partai Solidaritas Indonesia, Partai Bulan Bintang, Partai Garuda, Partai Buruh, Partai Ummat, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Gelora dan Partai Perindo.

“Tim yang melakukan verfak menemukan beberapa partai politik ini tidak ditemukan anggotanya tidak mengetahui sebagai anggota partai politik calon peserta pemilu 2024,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (4/11).

Sehingga itu, tim verfak pun mengimbau kepada seluruh partai yang difaktual untuk memanfaatkan waktu sebaik-sebaiknya diakhir waktu faktual, terutama terhadap daftar anggota partai yang tidak bisa ditemui oleh tim verifikator.

“Sebelumnya kami sudah menyampaikan ke partai politik agar hadir di sekretariat atau kantor parpol masing-masing untuk di verfak langsung ataupun dengan sarana teknologi informasi,” tuturnya.

“Hal ini disesuaikan dengan ketentuan pasal 90 dan 91 PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang partai politik, yang diharapkan menyiapkan diri dalam menghadapi verifikasi faktual perbaikan bilamana partai tersebut harus melakukan perbaikan,” sambungnya menutup. (ish/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *