DAERAH  

Bantah Tudingan, PT. NHM Selesaikan Seluruh Hak Karyawan

PENAMALUT.COM, TOBELO – Menanggapi pemberitaan di beberapa media yang menyebutkan ribuan karyawan PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) di Halmahera Utara resah karena belum menerima gaji dan tunjangan, PT. NHM menegaskan hal itu sangat tidak benar. Sebab kenyataannya PT. Indotan Halmahera Bangkit (IHB) sebagai pemilik NHM telah menyelesaikan seluruh hak berupa gaji karyawannya.

Badan Serikat PT. NHM, Iswan Hi Ma’rus selaku Ketua FPE KSBSI P. NHM dan Rusli A Gailea sebagai Ketua PUK SPSI PT. NHM menyatakan bahwa saat ini situasi NHM baik-baik saja. Apalagi adanya info yang beredar bahwa NHM kehabisan cadangan, ini sangat tidak benar alias Hoax. Sebab selama tiga tahun terakhir cadangan NHM sudah bertambah menjadi 1,4 juta Oz emas dan sumber daya sejumlah 2,5 juta Oz emas yang kalau dihitung nilainya kurang lebih USD 4,7 milyar serta memiliki umur tambang lebih dari 10 tahun lagi dari sebelumnya akan berakhir di tahun 2023.

Selain itu, masih banyak lagi indikasi potensi penemuan sumber daya baru yang ada di wilayah kontrak karya NHM sebagaimana disampaikan oleh Antonius selaku Direktur Utama PT. Puncakbaru Jayatama yang telah 30 tahun melakukan eksplorasi emas di wilayah tersebut dan wilayah pertambangan lainnya.

“Dari luas wilayah kontrak karya total kurang lebih 29.000 Ha, baru 30 persen yang telah dilakukan kegiatan eksplorasi,” jelasnya.

Rudi Pareta selaku Pjs Ketua PB GSBM PT NHM menambahkan, sejak kepemilikan Haji Romo Nitiyudo Wachjo (Haji Robert) di NHM melalui IHB selalu berkomunikasi secara terbuka dengan Badan Serikat maupun karyawan/karyawati NHM secara langsung.

Mengenai informasi karyawan yang akan dirumahkan, Rudi juga menegaskan bahwa hal ini tidak benar. Karena sampai saat ini operasional NHM masih tetap berjalan.

Sebagai karyawan yang sudah lama bekerja kurang lebih 15 tahun di NHM, sebenarnya tidak boleh membedakan baik buruk antara kepemimpinan Haji Robert dengan zaman Newcrest.

“Namun kalau kita berbicara soal sosok Haji Robert, beliau ini pemimpin kami sekaligus orang tua kami yang sangat peduli terhadap hak-hak dan kesejahteraan karyawan serta keluarganya,” jelasnya.

Respon (4)

  1. Sebelumnya sudah ada 5 komentar yg menyangkal isi pemberitaan dan klarifikasi dari serikat diatas bahwa itu semua tidak benar dan bahwa hak kami sebagai karyawan masih banyak yg belum di tunaikan. Tpi dihapus komentar/balasan tersebut. Apakah media ini independen? Ngeri juga ya permainannya. Sehat2 jg orang serikat, kalian membela siapa?

Komentar ditutup.