DAERAH  

Diduga tak Jalankan Tugas, Tiga Komisioner Bawaslu di Malut Hadiri Kongres HMI

Komisioner Bawaslu Kota Ternate Suryadi Abdullah dan Komisioner Bawaslu Kota Tidore Supriyanto Ade bersama staf Bawaslu di sebuah cafe di Kota Pontianak

PENAMALUT.COM, TERNATE – Tiga komisioner Bawaslu kabupaten/kota di Maluku Utara diketahui tak menjalankan tugasnya. Ketiganya diduga menghadiri kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang dilangsungkan di Kota Pontianak, ketimbang menjalankan tugas pengawasan tahapan penyelenggaraan pemilihan umum yang sedang berjalan.

Ketiga komisioner Bawaslu yang dimaksud itu yakni Komisioner Bawaslu Halmahera Timur Alherfan Barmawi, Komisioner Bawaslu Kota Ternate Suryadi S.Abdullah, dan Komisioner Bawaslu Kota Tidore Supriyanto Ade.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, tak hanya ketiga Bawaslu tersebut namun beberapa staf Bawaslu dari Kota dan Staf Bawaslu Halmahera Utara juga ikut. Informasinya mereka tak berkantor kurang lebih seminggu.

Salah satu komisioner Bawaslu Halmahera Timur saat berada di sebuah cafe di Kota Pontianak.

Keberadaan ketiga komisioner Bawaslu di Kota Pontianak tempat penyelenggaraan Kongres HMI ini terlihat dari beberapa foto yang tersebar. Mereka sedang duduk santai di cafe kota tersebut.

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Maluku Utara, Rusly Saraha, ketika dikonfirmasi perihal itu kaget. Dia juga enggan memberikan komentar sesuai pertanyaan yang dilayangkan wartawan lewat pesan Whatshapp.

Rusli justru mempertanyakan foto dua komisioner Bawaslu bersama staf sedang santai di cafe tersebut. 

“Aow foto ini dimana dan kapan ?,” tanya Rusli.

Rusli berkilah bahwa ada kegiatan Bawaslu di Kalimantan, namun ia tidak tahu kegiatan apa.

“Tapi coba sebaiknya konfirmasi ke Ketua Bawaslu dan Divisi SDM,” ujarnya lewat telepon seluler, Rabu (6/12).

Sementara Ketua Bawaslu Masita Gani dan Koordinator Divisi SDM Soleman Patras dihubungi melalui sambungan telepon, namun nomor handphone keduanya tak aktif. (ano/ask)