DAERAH  

Bahas Pemulihan Pascabencana, Bupati Halmahera Selatan Audiensi dengan BNPB

Bupati Bassam Kasuba didampingi Kepala BPBD Halsel melakukan audiensi dengan BNPB. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, LABUHA – Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba, didampingi Kepala BPBD Halsel melakukan audiensi dengan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jarwansah dan Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Johny Sumbung di Jakarta, Kamis (7/3). 

Audiensi tersebut membahas terkait penanganan pemulihan pascabencana, khususnya bencana banjir di wilayah Halsel. Karena sebagai daerah yang rawan terhadap bencana, Kabupaten Halmahera Selatan perlu berupaya untuk membangun ketangguhan dan kesiapan menghadapi bencana.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati menyampaikan beberapa program yang direncanakan untuk meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan akibat bencana.

“Tentunya, harapan besar dari pertemuan ini adalah Halsel akan mendapatkan program-program yang dapat membantu masyarakatnya menghadapi bencana dengan lebih tangguh dan siap,” ucap Bassam.

Menurutnya, upaya-upaya preventif juga telah dipersiapkan demi meminimalisasi dampak dari bencana yang mungkin terjadi di masa depan. Dengan adanya program rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana, masyarakat Halsel dapat memperoleh pemulihan yang lebih cepat dan sistematis.

Selain itu, kata Bassam, rencana pembangunan tangguh yang dilakukan secara berkelanjutan akan memberi dampak positif lebih dari sekadar pemulihan pascabencana.

“Semoga saja, hasil dari audiensi ini memberikan dampak yang positif bagi BPBD di Halmahera Selatan. Kita tentu saja berharap agar program-program yang ada dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat. Semoga pula Kabupaten Halmahera Selatan dapat lebih tangguh dan siap hadapi setiap bencana,” tutup Bassam. (rul/tan)