Dikbud Maluku Utara Minta Kepala Sekolah Kelola BOS dengan Baik

Imran Yakub

PENAMALUT.COM, SOFIFI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara meminta kepada pihak sekolah agar penggunakan anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Kepala Dikbud Maluku Utara, Imran Yakub, mengatakan bahwa selama ini penggunaan anggaran BOS oleh pihak sekolah belum terlalu baik. Sehingga itu, ia berharap dengan adanya anggaran BOS yang semakin besar itu dapat mengurangi beban orang tua siswa di sekolah.

“Saya berharap semakin besar anggaran BOS itu diberikan, maka semakin kecil pula partisipasi masyarakat terhadap sekolah,” harapnya saat ditemui wartawan, Selasa (27/5).

Ia menegaskan, ke depan jika ada kedapatan sekolah yang meyelewengkan dana BOS , maka pihaknya tak segan-segan mengevaluasi pihak sekolah tersebut, terutama kepala sekolahnya.

“Tahun ini total dana BOS sebesar Rp 139 miliar yang diperuntukan ke SMA/SMK baik negeri dan swasta. Kita berharap dana BOS ini dapat dikelola dengan baik dan penuh tanggung jawab oleh kepala sekolahnya,” pungkasnya. (ask)