Rusdi Somadayo Optimis Kantongi Rekomendasi PKB dan PSI

Rusdi Somadayo (kanan) saat berjabat tangan dengan salah satu tim penguji DPP PKB

PENAMALUT.COM, JAKARTA – Bakal Calon Bupati Halmahera Selatan, Rusdi Somadayo, optimis kantongi rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Optimisme ini diutarakan Rusdi usai mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan (UKK) qdi dewan pimpinan pusat (DPP) kedua partai tersebut, Rabu (5/6).

“Alhamdulillah, tim UKK PKB dan PSI menyampaikan rasa bangga bahwa ada sosok calon bupati yang berpikiran visioner dan mampu menguasai konteks persoalan lapangan serta punya karier dan pengalaman yang sangat banyak,” ujar Rusdi.

Mantan Kepala KSOP Bitung Sulawesi Utara ini menyampaikan harapan tim penjaringan dari PKB maupun PSI yang sangat membutuhkan kontribusi pemikiran yang visioner. Sebab cita-cita partai juga untuk kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat di Kabupaten Halmahera Selatan.

Pada saat UKK, alumni S2 UGM Yogyakarta ini memaparkan sejumlah poin penting tentang kondisi wilayah Halmahera Selatan, seperti akses rentang kendali antar wilayah yang mempengaruhi arus ekonomi yang mengakibatkan kemahalan harga barang.

Kemudian persoalan angka kemiskinan yang masih tinggi dibanding Kota Ternate, Tidore, Morotai, dan Halmahera Utara yang memposisikan urutan ke 5 kemiskinan diantara kabupaten kota di Maluku Utara.

Persoalan mutu pendidikan yang masih rendah dan berada pada urutan 5 di Maluku Utara. Bahkan nasib guru yang belum bersertifikasi sekitar 75% yang berdampak pada kualitas SDM serta mempengaruhi rendahnya kesejahteraan guru. Penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat yang masih rendah.

Tata kelola birokrasi yang masih belum membaik mengakibatkan karier dan prestasi pegawai yang belum mampu menghadirkan inovasi untuk pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selain itu, mantan Kepala KSOP Kelas I Balikpapan ini juga memberikan
sejumlah gagasan pemikiran untuk perubahan Halmahera Selatan lebih baik ke depan.

“Alhamdulillah, disitulah saya diberikan apresiasi oleh Tim UKK PKB dan PSI,” pungkas mantan Kepala Dinas Pertambangan Halmahera Selatan itu. (ask)