Gelar Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih dan Sidalih, Ini Harapan PPK Ternate Selatan

PENAMALUT.COM, TERNATE – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ternate Selatan menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dan e-Coklit untuk pemilihan serentak tahun 2024 di kantor Camat Ternate Selatan, Minggu (23/6).

Kegiatan ini dihadiri Komisioner KPU Kota Ternate Sulfi Majid, Ketua dan Anggota PPK Ternate Selatan, serta Ketua dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari seluruh Kecamatan Ternate Selatan. Bimtek ini bertujuan untuk memastikan akurasi data pemilih dan efisiensi dalam proses pemutakhiran data menjelang pemilihan serentak tahun 2024.

Dalam sambutannya, Ketua PPK Ternate Selatan, Mardania Gazali, menyampaikan pentingnya ketelitian dalam pemutakhiran data pemilih guna mendukung kelancaran proses demokrasi.

“Pemutakhiran data pemilih adalah tahapan krusial dalam memastikan setiap warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih memiliki hak suara. Dengan adanya teknologi Sidalih dan e-Coklit. Kami berharap dapat meningkatkan akurasi data pemilih,” ucap Mardania.

Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi PPS se-Kecamatan Ternate Selatan untuk mendalami penggunaan SIDALIH dan E-Coklit. Setelah bimtek, PPS pun melanjutkan bimtek kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih/PPDP) yang bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih secara langsung ke rumah-rumah warga, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Kami berharap proses pemutakhiran data pemilih dapat berjalan dengan baik, sehingga setiap warga dapat menyalurkan hak suaranya dengan tepat pada pemilihan serentak tahun 2024,” tandasnya. (ask)