KATAM Desak DPMPTSP Malut Tak Memproses Izin Produksi PT ASM

0
Koordinator KATAM Malut, Muhlis Ibrahim.

TERNATE – Konsorsium Advokasi Tambang (KATAM) Maluku Utara (Malut) nampaknya tidak pernah lelah mengawasi aktivitas perusahan tambang yang beroperasi di daerah ini.

Kali ini, KATAM Malut menyoroti perusahaan tambang PT Anugerah Sukses Mining (ASM) yang berencana meningkatkan izin dari ekplorasi ke produksi. KATAM Malut mendesak kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Malut untuk tidak memproses izin tersebut.

“Hal ini karena berdasarkan informasi PT ASM sedang mengajukan permohonan peningkatan produksi untuk salah satu blok areal tambang milik mereka ke DPMPTSP,” tukas Muhlis Ibrahim Koordinator KATAM Malut, Senin (20/4/2020) melalui keterangan tertulisnya.

Muhlis bilang, investigasi KATAM Malut telah menemukan PT ASM yang beropeasi di Halmahera Tengah ini, terindikasi ada beberapa dokumen yang belum lengkap seperti RKAB dan dokumen AMDAL.

“Bahkan kami mencurigai ada rekayasa dalam dokumen tersebut yang dilakukan oleh Dinas ESDM Maluku Utara,” tagasnya lagi.

Selanjutnya, Muhlis bilang, pihaknya saat ini sedang mengumpulkan bukti-bukti bilamana ada indikasi ke arah itu, maka KATAM Malut tidak akan segan-segan memproses secara hukum.

“Karena ini sudah keterlaluan, maka kami sekali lagi mendesak DPMPTSP untuk tidak memperpanjang izin PT ASM,” paparnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here