Defisit Halut Berdampak ke Anggaran Pilkada dan Siltap Kades

  • Bagikan
Anggota Komisi II DPRD Halut, Fahmi Musa. (Foto: Ikhwan M/penamalut.com)
banner 468x60

PENA – Keuangan Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melemah dan mengalami defisit sebesar Rp 2,4 miliar. Hal ini berdampak pada beberapa mata anggaran seperti anggaran Pilkada 2020, pembayaran insentif tenaga medis, dan penghasilan tetap (Siltap) kepala desa di 196 desa yang belum terbayar.

Anggota Komisi II DPRD Halut Fahmi Musa, kepada Penamalut.com menjelaskan, hanya ada dua cara menutup defisit yang terjadi di Halut.

“Pertama, Pemda Halut boleh berhutang tetapi harus diperketat serta pengembalian tepat waktu. Kedua, tidak berhutang tetapi dengan melakukan efisiensi seta merasionalkan pada belanja fisik yang belum mendesak,” kata Fahmi, Kamis (27/8).

Fahmi menyarankan untuk menunda pembayaran  pembangunan jalan dengan sistem multiyears. Dengan begitu total penerimaan DTU terdiri dari DAU Rp 36 miliar, serta DBH yang akan dibayarkan oleh Pemerintah Provinsi pada bulan September bisa mencukupi beban bayar pemerintah. Dengan cara membuat skema bayar 2 tahap, dimana penyerapannya baru berkisar 39 persen terhadap KPUD, sisanya pembayaran terhadap Siltap, dengan ikhtiar 2 bulan penerimaan daerah sudah menutupi beban.

“Ini langkah alternatif untuk menghindari beban bunga. Apalagi pinjaman dengan jangka waktu pendek jika tidak diperketat akan berimbas pada kebocoran fiskal. Sehingga kita minta BANGGAR dan TAPD bisa mempertimbangkan rencana pinjaman yg diusulkn pemerintah melalui KUPA-PPAS-P,” ucapnya.

Dikatakanya rencana pemerintah daerah untuk berhutang bisa saja jikalau dalam jangka pendek. Namun ia juga menyebutkan DPRD saat ini belum menyepakati serta masih memperhitungkan rencana Pemda Halut berhutang.

“Hutang boleh kalau jangka pendek, tetapi harus menghitung resiko celah likuiditas yang semakin besar. Jadi ada dua alternatif, tinggal diputuskan. Untuk hutang Belum disepakati, masih diperhitungkan,” tandas Anggota DPRD Fraksi PKB ini. (FN)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *