Kembangkan Pariwisata, HUMANIS Lirik Konsep Ekowisata

0
Helmi Umar Muchsin. (Foto: istimewa)

PENA – Panorama alam di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) begitu indah. Banyak tempat-tempat yang memiliki daya tarik wisata, namun belum mendapatkan sentuhan pembangunan. Bahkan ada tempat wisata yang pengelolaannya belum maksimal dan tidak melibatkan warga setempat.

Melihat kondisi ini, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Helmi Umar Muchsin dan La Ode Arfan akan memasukkan pengembangan pariwisata dalam program prioritas. Hal ini ditegaskan sendiri oleh Helmi Umar Muchsin.

Ia menjelaskan, potensi sektor pariwisata di Halmahera Selatan begitu besar. Jika dikelola dengan baik akan memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan kepada masyarakat setempat.

“Kami akan gunakan pendekatan ekowisata dalam mengembangkan pariwisata di Halsel. Ekowisata adalah perwujudan dari pembangunan pariwisata berkelanjutan yang mengintegrasikan bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan,” papar Helmi.

Pelibatan masyarakat lokal di lokasi wisata, kata Helmi, sangat penting. Prioritas utama dalam pengembangan pariwisata harus melibatkan masyarakat.

“Kalau masyarakat mengelola sendiri tempat wisata di desanya, otomatis akan mengerakkan roda perekonomian mereka. Kita juga mendorong masyarakat menjaga alam di lokasi wisata dengan menggunakan kearifan lokal setempat. Jadi ekonomi jalan, lingkungan juga ikut terjaga,” jelas Helmi.

Dia berharap, pengembangan pariwisata akan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di Kabupaten Halmahera Selatan.

“Konsep ekowisata ini kalau dijalankan dengan baik, maka akan memberikan dampak ekonomi, mendorong pelestarian alam di objek wisata, dan bahkan dapat menjadi tempat edukasi bagi masyarakat umum.” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here