Lakumham PKB Malut Kawal Pilkada Berjalan Demokratis

  • Bagikan
Ketua Lakumham PKB Malut Armin Soamole (kiri) dan Sekretaris Marlus Hi Soleman.
banner 468x60

PENA – Lembaga Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (Lakumham) DPW PKB Maluku Utara (Malut) menggelar rapat kordinasi membahas pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang berlangsung pada 8 kabupaten dan kota seluruh Malut.

Rapat kordinasi berlangsung pada Sabtu (17/10) di Kantor DPW PKB Malut. Turut hadir Sekretaris Wilayah DPW PKB Malut Abdul Malik Sillia, ketua Lakumham PKB Malut Armin Soamole dan sekretaris Marlus Hi. Soleman, serta seluruh pengurus.

“Kami bertujuan memantau dan memastikan Pilkada Serentak yang berlangsung di 8 kabupaten dan kota di Maluku Utara ini berjalan jujur, adil, kondusif dan demokratis,” jelas Ketua Lakumham PKB Malut, Armin Soamole.

Tambah dia, langkah tersebut diambil atas inisiatif dari pengurus Lakumham. Jadi pihaknya tidak tergabung dalam kerja-kerja tim pemenangan pasangan calon (Paslon) yang diusung PKB pada Pilkada Serentak 2020.

“Kami mengawasi seluruh tahapan Pilkada ini. Mulai dari mengawasi penyelenggara pemilu, pasangan calon, ataupun tim pemenangan calon. Tujuannya agar memastikan penyelenggaraan Pilkada serentak berlangsung tanpa ada kecurangan,” tambah Armin.

Lakumham akan menggerakkan seluruh pengurus untuk mulai action. Jika terjadi pelanggaran pada tahapan yang sedang berlangsung, maka pihaknya akan segera mengambil langkah proses hukum.

Sementara untuk paslon yang diusung PKB, pihaknya akan memberikan pendampingan. Baik kepada calon kepala daerah yang diusung PKB maupun tim pemenangan, agar menghindari segala bentuk kecurangan. Hal itu dilakukan, agar memastikan kemenangan yang diraih oleh paslon yang diusung PKB, adalah kemenangan secara jujur, adil dan demokratis.

“Kita turun di semua kabupaten dan kota, namun kita memusatkan fokus di kota Ternate. Karena bagi kami, Ternate masuk daerah yang zona kerawanan pemilunya tinggi,” tukasnya. (*)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *