Kebijakan Humanis Saat Ekonomi Daerah Rapuh

  • Bagikan
Helmi Umar Muchsin. (Foto: istimewa)

PENA – Merebaknya Pandemi Covid-19 memberi dampak signifikan pada pembangunan industri ekonomi di daerah. Termasuk Halmahera Selatan (Halsel), yang secara umum, masyarakatnya hidup dan berpenghasilan dari dua potensi alam perikanan dan pertanian, tentu juga menjadi masyarakat yang terdampak.

Krisis ekonomi akibat Pandemi Covid-19 memberikan pelajaran berharga tentang bangunan struktur usaha ekonomi di Halsel. Hal itu diungkapkan calon bupati Halsel nomor urut 1 Helmi Umar Muchsin. Bagi dia, bangunan industri di Halsel sejauh ini telah berjalan sangat baik. Namun menjadi rapuh akibat dari Pandemi Covid-19.

Pemerintah tentu tidak menduga, merebaknya Pandemi akan berdampak sangat jauh terhadap bangunan ekonomi yang terjadi di Halsel. Maka tidak heran jika struktur ekonomi yang telah dibangun menjadi rapuh dan tidak terkontrol.

“Industri kecil di Halsel tentu banyak, namun akan kalah saing dengan industri besar yang punya aset dan perkembangan yang melimpah. Apalagi itu terjadi di tengah Pandemi seperti sekarang,” jelas Helmi.

Helmi menambahkan, merebaknya Pandemi Covid-19 memberi pukulan telak kepada pembangunan ekonomi kecil di Halsel. Sejauh yang dia temukan, usaha pertanian harus gulung tikar akibat perubahan regulasi akibat Covid-19. Selain itu, di usaha perikanan, nelayan perlu mengubah formatnya agar ikan yang mereka pancing bisa laku dan terjual.

“Pemerintah daerah mau tidak mau harus membuat regulasi yang mengorbankan banyak pihak. Ini dilakukan karena seluruh komponen saat ini sedang terfokus memutus mata rantai Covid-19,” jelas Helmi.

Maka dari itu, tambah Helmi, harus disiapkan bangunan ekonomi yang kokoh di segala situasi yang akan terjadi.

Helmi yang maju sebagai calon bupati Halsel berpasangan dengan La Ode Arfan ini mengatakan, pemerintah harus memiliki konsep matang tentang pembangunan ekonomi kecil di Halsel. Sehingga di segala kondisi, terutama disaat terpuruknya situasi ekonomi nasional, tidak akan berdampak terlalu signifikan terhadap situasi di daerah.

“Ini harus disiapkan sejak awal. Makanya kami akan melibatkan perguruan tinggi, untuk membuat master plan ekonomi di Halsel. Untuk membangun ekonomi kecil yang mampu berjalan sehat di segala kondisi yang ada,” tandasnya. (*)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!