Tanam Janda Merana, Program Perdana KNPI Halsel Usai Pelantikan

0
Penanaman pohon yang digelar KNPI Halsel, Sabtu (28/11).

PENA – Usai menggelar pelantikan pengurus pada Jumat (27/11) di Miniatur Istana Negara Bacan Selatan, DPD KNPI Halmahera Selatan (Halsel) langsung tancap gas dengan program kerja pertama mereka berupa penghijauan.

Penghijauan ini digelar KNPI Halsel pada Sabtu (28/11) kemarin di sepanjang jalan pasar moderen desa Tupkona hingga ke desa Kupal, kecamatan Bacan Selatan. Ada hingga 200 bibit pohon yang ditanam dalam kegiatan itu. Uniknya, beberapa dari bibit pohon tersebut punya nama yang bisa mengocok perut, yaitu pohon Janda Merana.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman tersebut dua wakil ketua DPP KNPI, ketua DPD KNPI Malut Irman Saleh, sekretaris KNPI Malut M Ardiyansyah, bendahara Erma Amra, dan para wakil ketua serta wakil sekretaris DPD KNPI Malut.

Ketua DPD KNPI Malut, Irman Saleh mengatakan, sebagai pemuda harus punya kepedulian kepada lingkungan. Menjaga alam dan lingkungan, salah satu langkah konkret yang harus dilakukan adalah dengan menanam pohon.

“Penting kiranya pemuda menjadi penggerak kegiatan penanaman pohon ini karena bertujuan untuk mengajak generasi muda agar memiliki kesadaran menjaga lingkungan,” ujarnya.

Selain itu, tambah Irman, proses pembangunan di Bacan telah intens dilakukan hingga sejauh ini. Maka penting untuk memiliki ruang terbuka hijau yang banyak.

”Gerakan menanam juga nanti kita tekankan ke setiap DPD KNPI kabupaten/kota agar menggelar penanaman pohon,” tegas Irman.

Hal yang sama disampaikan oleh, Ketua DPD II KNPI Halsel, Fahrizal Rahmadi, dimana kegiatan pemuda menanam pohon tersebut sebagai wujud kepedulian pemuda terhadap lingkungan.

“Ini bagian dari sikap kita dan kepedulian kita terhadap kondisi lingkungan di Halsel,” ucapnya.

Menurutnya, Halsel yang saat ini sedang gencar membangun infrastruktur seperti pelebaran jalan dan perumahan, juga harus dibarengi dengan penghijauan. Apalagi lanjut Izhal ditambah dengan ketersediaan lahan serapan air yang nantinya akan menipis.

“Maka dari itu, pemuda ingin mengambil peran disini bagaimana menyadarkan kembali bahwa kita harus peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan menanam pohon,” kata dia.

Ia juga mengajak pemuda untuk lebih sadar lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan, serta ikut menjaga penghijauan di sekitar lingkungan desanya.

“Jumlah pohon kita tanam sebanyak 200 di sekitaran Warga Desa di Kecamatan Bacan Selatan agar lahan terbuka ini lebih hijau dan asri,” terangnya.

Sebagian bibit pohon tersebut kata Izhal di dapat dengan cara dibeli dan sebagian lainnya merupakan dukungan dari sponsor.

“Ini kegiatan pertama sejak periode kami, dilantik, tapi ini akan kita laksanakan per periode. Kita tidak hanya menanam saja, tapi juga menjaganya dengan cara menyiram dan memberi pupuk,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here