Pemprov dan Deprov Malut Bahas Tanggap Bencana

0
Sekprov Samsuddin Abdul Kadir bersama Ketua DPRD Kuntu Daud dan Ketua Komisi III Zulkifli Umar saat memimpin rapat pembahasan tanggap bencana

PENA – Menyikapi kejadian bencana alam yang terjadi di Maluku Utara beberapa hari terakhir ini, Pemerintah Provinsi dan DPRD Provinsi Malut mengadakan pertemuan untuk membahas tanggap bencana tersebut, pada Rabu (27/1).

Pertemuan yang berlangsung di Sekretariat DPRD Malut di Ternate itu dihadiri Sekretaris Provinsi Samsuddin Abdul Kadir, Kepala Dinas PUPR Santrani Abusama, Kepala BPBD Yunus Badar, Kepala BPKPAD Ahmad Purbaya. Sementara di pihak DPRD Malut dihadiri Ketua DPRD Malut Kuntu Daud, Ketua Komisi III Zulkifli Umar beserta anggota Komisi III lainnya.

Sekprov Malut, Samsuddin Abdul Kadir, usai pertemuan itu menyampaikan bahwa pihaknya bersama DPRD membahas terkait bencana yang terjadi di beberapa daerah di Malut. Ini dilakukan untuk menentukan langkah-langkah strategis apa yang bisa diambil. Hal yang paling utama dibahas pada pertemuan itu adalah jembatan Tiabo, Kecamatan Galela, Halmahera Utara yang terputus.

Jembatan tersebut merupakan akses utama warga yang menghubungkan antar desa di beberapa kecamatan, sehingga itu harus diupayakan secepatnya. Oleh karena itu, Pemprov melalui Dinas PUPR akan membangun jembatan darurat. “Tapi kita juga harus koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS), karena di kali itu ada beberapa aliran. Kebetulan besok ada Wakil Menteri PUPR yang berkunjung ke Malut, akan kita coba koordinasikan,” katanya.

suasana rapat antara Pemprov dan Deprov Malut yang berlangsung di Sekretariat Deprov di Ternate

Mantan Penjabat Bupati Morotai ini juga mengatakn bahwa pihaknya memberikan dukungan terhadap kabupaten/kota yang telah membentuk tanggap darurat untuk menganatisipasi kejadian bencana. “Karena setiap kali kejadian itu yang pertama dilakukan adalah tanggapnya. Kalau rehabilitasi dan rekonstruksi itu langkah yang kedua. Namun untuk jembatan kali Taliabo itu penting untuk ketersediaan makanan dan sebagainya, jadi harus secepatnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov juga telah mengirimkan bantuan ke Kabupaten Halmahera Utara khususnya warga yang terdampak bencana ini. Bahkan dalam waktu dekat ini akan dikirimkan bantuan untuk tahap keduanya. (ask)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here