banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

Kadikbud Malut Lantik Pengurus MKKS dan MGMP Kota Tikep

  • Bagikan
Kadikbud Malut, Imam Makhdy Hassan, saat melantik pengurus MKKS dan MGMP di Aula SMAN 1 Tikep, Rabu (3/2) tadi. (Istimewa)
banner 468x60

PENA – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Maluku Utara, Imam Makhdy Hasan, melantik pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK Kota Tidore Kepulauan priode 2020-2024.

Selain MKKS, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGPM) SMA Kota Tikep masa bakti 2020-2023 juga dilantik pada Rabu (3/2), bertempat di Aula SMA Negeri 1 Kota Tikep.

Dalam sambutanya, Imam Makhdy Hasan mengatakan bahwa peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik, sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas.

Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama menyangkut kompetensi guru.

Uuntuk mengembangkan kerjasama antar kepala sekolah serta guru agar tercapai hubungan kekeluargaan yang serasi, maka perlu dibentuk satu wadah yang dapat membantu tugas kepala sekolah dan guru selaku abdi negara dan abdi mansyarakat dalam rangka mengemban amanah Undang-Undang Dasar 1945, dengan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Wadah ini diberi nama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),” kata Imam.

Sejalan dengan hal tersebut, lanjut Imam, pemberian kesempatan pendidikan yang layak dan berkualitas kepada siswa merupakan langkah prioritas yang harus segera diwujudkan. Mengingat implementasi dan peningkatan mutu pendidikan merupakan bagian dari upaya pembinaan dan pengembangan pendidikan secara nasional.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas atau mutu pendidikan adalah kompetensi siswa. Sementara kompetensi siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam diri siswa seperti intelegensi, minat, motivasi, dan faktor lingkungan seperti guru. “Kurikulum fasilitas adalah salah satu faktor yang banyak mempengaruhi proses dan kualitas pengajaran,” jelas mantan Kadis ESDM Malut itu.

Dirinya berharap pasca dilantiknya pengurus MKKS dan pengurus MGMP ini dapat melaksanakan amanah dan dapat bersinergi dengan satuan pendidikan serta Dikbud Provinsi Malut, agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang lebih berkualitas guna memenuhi standar mutu pendidikan yang baik sesuai harapan kita semua.

Sementara Ketua MKKS Kota Tikep, Muhammad Khairun, dalam sambutanya menyampaikan bahwa pelantikan ini baru pertama kali terjadi di Tikep. MKKS adalah garda terdepan dan wajib mengamankan kebijakan dinas pendidikan. Maju mundurnya pendidikan di daerah, tergantung peran aktif MKKS di kabupaten/kota.

Ia mengaku bersukur atas kehadiran Kadis Dikbud Malut di Kota Tikep. “Kami sangat bahagia, saat kadis Dikbud Malut meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Kota Tikep. Harapan kami agar MKKS ini berperan penting untuk memajukan pendidikan di Tikep ke depan,” pungkasnya. (ask/adv)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *