banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

Pemprov Malut Terima Hibah Covid 10,2 Miliar Dari Perusahaan, Sekprov Tak Tahu

  • Bagikan
Sekprov Malut, Samsuddin Abdul Kadir. (Ask/Penamalut)
banner 468x60

PENA – Pemerintah Provinsi Maluku Utara telah menerima bantuan hibah untuk penanganan covid-19 dari empat perusahaan perusahaan tambang yang beroperasi di Malut. Totalnya adalah 10,2 miliar.

Empat perusahaan tersebut yakni PT. Weda Bay Nickel senilai Rp. 4 miliar, PT. Trimegah Bangun Persada senilai Rp. 4 miliar, PT. Wanatiara Persada senilai Rp. 2 miliar, dan PT. Harum senilai Rp. 200 juta.

“Ini data terakhir yang kita terima, total nilainya Rp 10.200.000.000,” jelas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Malut, Ahmad Purbaya, saat dikonfirmasi belum lama ini.

Anehnya, bantuan hibah yang sudah masuk ke kas daerah Pemprov Malut itu tidak diketahui Sekretaris Provinsi Malut Samsuddin Abdul Kadir. Saat dikonfimasi di Kantor Gubernur Malut di Sofifi, Senin (1/3) lalu, orang nomor tiga di jajaran Pemprov Malut itu menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada yang direalisasi.

“Perusahaan baru mengiyakan. Belum ada yang masuk. Mereka (perusahaan, red) baru bersedia ini sekian dan itu sekian, tapi belum disetor,” katanya singkat.

Sementara Kadis ESDM Malut, Hasyim Daeng Barang saat dikonfirmasi juga mengatakan bahwa sudah ada beberapa perusahaan yang menyetorkan ke kas daerah. Soal ketidaktahuan Sekprov terkait anggaran hibah yang telah disetorkan, menurutnya seharusnya dari keuangan sudah melaporkan. “Karena pasti ada laporan ketika uang itu masuk ke rekening daerah,” ujarnya.

Namun dirinya meyakini anggaran hibah tersebut bisa dipertanggung jawabkan. “Insya Allah tertanggung jawab,” tukasnya.

Sekadar diketahui, akhir 2020 lalu Pemprov Malut sebelumnya telah melakukan penandatangan MoU dengan sejumlah perusahaan tambang di Malut terkait hibah penanganan covid. Sejumlah perusahaan tersebut telah bersedia membantu Pemprov untuk menangani pemulihan ekonomi. Sayangnya, baru ada empat perusahaan yang telah menyetorkannya.

Belum diketahui kapan bantuan tersebut akan disalurkan Pemprov dan bagaimana skema penanganannya. (ask)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *