Soal Izin PT. Amazing Tabara, Intelkam Polda Malut Kumpul Pihak Terkait

  • Bagikan
Suasana pertemuan masyarakat Obi dengan SKPD terkait di pemprov Malut yang diinisiasi oleh Dit Intelkam Polda Malut. (Istimewa)

PENA – Direktorat Intelkam Polda Maluku Utara mengundang tokoh pemuda dan maayarakat di sejumlah desa di Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan dan instansi terkait di lingkup Pemerintah Provinsi Malut terkait permasalahan dikeluarkannya Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT. Amazing Tabara.

Pasalnya, izin eksplorasi izin produksi PT. Amazing Tabara itu diduga memasuki kawasan pemukiman dan areal perkebunan warga Desa Sambiki, Desa Anggai, dan Desa Air Mangga. Hal ini mengundang reaksi warga yang kemudian melakukan aksi protes.

Direktur Intelkam Polda Malut, Kombes (Pol) Hadi Wiyono, melalui Wakil Direktur AKBP Andri Hariyanto menyampaikan bahwa izin yang dikeluarkan untuk perusahan itu mencaplok lahan warga yang kemudian berujung unjuk rasa dari masyarakat.

“Apabila hal ini tidak dihiraukan, maka dipastikan terjadi konflik. Dan kalau terjadi konflik, maka aparat yang disalahkan lantaran tidak melakukan upaya-upaya dan sebagainya,” katanya saat ditemui usai pertemuan yang berlangsung di kantor Dit Intelkam Polda Malut, Selasa (9/3) tadi.

Sehingga, kata dia, atas petunjuk Direktur Intelkam, pihaknya mengundang Stakholder terkait yang berhubungan mengeluarkan izin untuk dibahas bersama.

Andri bilang, pertemuan yang dihadiri Dinas Lingkungan Hidup Malut, Dinas ESDM Malut, Dinas Kehutanan Malut, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Malut itu masyarakat di tiga desa itu meminta agar izin PT. Amazing Tabara perlu ditinjau kembali. Pertemuan tadi itu masih berlanjut dan permintaan masyarakat agar menghadirkan pihak perusahaan.

“Kita juga akan mengundang kembali Dinas PTSP Malut yang tidak hadir pada hari ini. Sehingga masalah ini clear,” tandasnya. (nda)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!