banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

Sepekan Sampah 7 Desa Tak Diangkut, Bupati Halbar Diminta Evaluasi Kepala DLH

  • Bagikan
Sampah rumah tangga yang berserakan di salah desa di Halbar. (Yadi/Penamalut)
banner 468x60

Pena – Sudah sepekan, wargadi tujuh desa di Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat dibuat resah lantaran sampah rumah tangganya belum diangkut petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halbar.

Berdasarkan pantauan media ini, sampah yang ditampung masyarakat di tepi jalan itu terlihat berserakan. Sampah itu tersebar di Desa Guaemadu, Galala, Bobanehena, Payo Induk, Payo Tengah, Bobo, dan Bobo Jiko.

“Biasanya mobil sampah itu satu minggu dua kali datang untuk angkut, tapi sampai sekarang sudah seminggu ini belum datang-datang,” kata salah satu warga Bobanehena.

Kadis Lingkungan Hidup, Muhammad Adam, saat dikonfirmasi tak berada di kantornya. Salah satu stafnya menyampaikan bahwa Kadis lagi ke Ternate.

Menanggapi hal itu, Ketua Jong Halmahera 1914, Novrizal Amir menyampaikan bahwa sampah yang tak kunjung diangkut oleh DLH di pemukiman Desa Guaemaadu sampai desa Bobo, akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Novrizal yang juga warga Guaemadu ini sangat menyayangkan sikap DLH yang membiarkan sampah itu hingga berminggu-minggu. Jika sampah itu dibiarkan terus seperti itu, dikhwatirkan masyarakat akan menjadikan laut dan hutan sebagai tempat alternatif untuk pembuangan sampah.

“Hal ini tentu membahayakan bagi lingkungan hidup kita di hari ini dan di masa akan datang,” ujarnya.

Seharusnya, kata dia, DLH Halbar harus proaktif melaksanakan tugasnya. Bukan malah menunggu perintah atau laporan dari masyarakat, barulah bertindak.

Ia bilang, ini harus menjadi perhatian serius Bupati dan Wakil Bupati terhadap OPD di lingkup Pemkab Halbar.

Ia meminta harus ada ketegasan. Sebab masalah seperti ini, selain berdampak pada isu kesehatan, pariwisata, perekonomian, tapi juga harga diri sebuah daerah.

“Untuk itu, perlu di evaluasi kadis DLH, terkait kinerjanya dalam pengelolaan sampah di Halmahera Barat,” desaknya. (*)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *