Lantik Pengurus PPI Halbar, Bupati James Ajak PPI Sinergi Dengan Pemda

  • Bagikan
Bupati Halbar, James Uang saat melantik Pengurus PPI Halbar. (Istimewa)

PENA – Bupati Kabupaten Halmahera Barat, James Uang, resmi melantik pengurus Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Indonesia PPI Halbar masa Bhakti 2020-2025, pada Sabtu (3/4).

Dalam sambutannya, Bupati James menyampaikan bahwa keberadaan organisasi kemasyarakatan PPI Kabupaten Halbar sangat tepat, karena organisasi PPI memiliki tujuan menghimpun dan membina generasi muda sebagai warga negara untuk memiliki kemandirian dan profesionalisme, serta memiliki rasa persaudaraan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan.

Menurutnya, tujuan konstruktifnya adalah ingin mewujudkan kerjasama yang utuh berjiwa kepada bangsa dan negara yang memiliki rasa tanggungjawab dan daya cipta yang dinamis, serta kesadaran nasional di kalangan para anggota dan keluarganya. Selain itu, juga menjadikan manusia Indonesia yang memiliki ketahanan mental yang tangguh, cukup pengetahuan, dan kemahiran teknis untuk dapat melaksanakan pekerjaan serta memiliki daya tahan fisik, jasmani dan rohaninya.

“Selama ini PPI telah banyak berkiprah dalam membangun generasi muda di Maluku Utara, dan Halbar khususnya. Oleh karenanya, perlu terus ditingkatkan peranannya. Mengingat pembangunan kualitas dan karakter generasi muda yang semakin kompleks,” ujarnya.

“Jadi, PPI juga dapat menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa, persaudaraan dan kekompakan di dalam perjalanan menuju masa depan yang lebih baik,” tambah mantan anggota DPRD Halbar itu.

Menurutnya, PPI merupakan ormas kekeluargaan yang terdiri dari generasi pilihan melalui seleksi ketat dan Diklat purna paskibraka, baik di tingkat kabupaten, kota, provinsi maupun di tingkat nasional.

Untuk itu, keberadaan PPI di Halbar diharapkan mampu menjadi ormas yang terpandang dan disegani. Sehingga mampu mengabdikan diri pada nusa dan bangsa.

“Dengan dilantiknya pengurus PPI kabupaten Halbar yang baru, saya berharap mampu berperan aktif dalam membangun daerah khususnya meningkatkan peran partisipasi dan peran penting garis pemuda secara menyeluruh ke depan, serta dapat menjadi teladan generasi muda dan tentunya dapat menjadi pengurus yang berprestasi, disiplin, bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,” harapnya.

Dia juga menyambut baik keberadaan organisasi PPI di halbar dan berpesan kepada pengurus purna paskibraka harus mampu mempunyai jiwa yang inovatif, yakni dengan melahirkan karya-karya yang inovatif, karya-karya yang berjenjang dan berkelanjutan serta mempunyai wawasan global tetapi bertindak lokal.

Pemda Halbar, kata dia, akan memberi suport terhadap pengurus PPI yang baru dilantik agar mengajukan rencana anggaran yang rasional dan terukur untuk dipertimbangkan dengan baik, apakah langsung diberikan hibah ke organisasi atau dititipkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga ataukah di Kesbangpol, itu nanti dikaji agar diketahui mana yang lebih tepat untuk dititipkan anggaran itu.

Dirinya meminta PPI Halbar agar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan sosialisasi ke tiap sekolah terkait empat pilar kebangsaan, bahaya narkoba.

“Bagaimana langkah awal dalam mencegah bahaya seks diluar nikah dan dibawah umur. Sebab ini penting dan ini juga merupakan tanggung jawab bersama dari adik-adik PPI bersama Pemda, guna membangun karakter dan mental anak-anak yang ada di kabupaten Halbar dengan baik,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Tim PKK Halbar Meri Pupala, Ketua PPI Malut Mahli Aweng, Kadispora Imrat Idrus, Kejari Halbar, Kasatlantas Polres Halbar AKP Ridwan Usman, anggota DPRD Halbar, serta pengurus PPI dan Paskibraka Halbar. (*)

banner 680x680 banner 1280x473
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!