banner 728x250

FTJ 2021 Digelar Dengan Konsep Hybrid Event

  • Bagikan
Festival Teluk Jailolo. (Istimewa)
banner 468x60

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Festival Teluk Jailolo (FTJ) bakal digelar kembali pada tahun 2021 ini.

Event yang digelar setiap tahun ini sempat tertunda pada tahun 2020 lalu lantaran kondisi pandemi Covid-19.

banner 336x280

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, FTJ kali ini digelar dengan konsep Hybrid Event yakni pengunjungnya dibatasi dan juga dilakukan secara virtual.

“Karena masih berada dalam kondisi tatanan hidup baru pandemi Covid-19, maka FTJ 2021 ini kita lakukan Hybrid Event,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat, Fenny Kiat kepada wartawan, Selasa (25/5).

Menurutnya, FTJ merupakan event promosi daerah yang dilaksanakan secara konsisten setiap tahunnya.

FTJ juga kembali terpilih masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sebagai salah satu dari 10 event terbaik kategori event berbasis adaptasi dan inovasi, setelah tiga tahun berturut-turut masuk dalam Calender of Event Kementerian Pariwisata RI.

Pelaksanaan KEN FTJ tahun ini dilaksanakan pada 9-12 Juni 2021 dengan tema “The Harmony of the Spice Island”.

“Tema memiliki maksud Kekayaan adat dan budaya, perbedaan suku, ras dan agama di Halmahera Barat dipersatukan kembali dalam harmoni Ino Fo Makati Nyinga untuk membangkitkan potensi kepulauan rempah menjadi destinasi wisata unggulan yang mendunia,” ujarnya.

Fenny juga bilang, penyelenggaraan KEN FTJ 2021 ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. FTJ yang biasanya identik dengan keramaian, namun saat ini dalam pelaksanaanya harus mengikuti aturan dan arahan Kemenparekraf RI dalam Konsep Hybrid Event yakni dengan sistem online dan offline.

Event Hybrid ini bertujuan untuk membatasi penonton offline dengan tujuan mengurangi angka kerumunan dalam event. Masyarakat atau calon pengunjung bisa menyaksikan FTJ tanpa harus datang ke venue, akan tetapi bisa secara online melalui live streaming kanal promosi Dinas Pariwisata Halbar.

Untuk itu, kata dia, pihaknya meminta pengertian kepada masyarakat tentang situasi saat ini dan mengimbau kepada pengunjung untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. (yadi/red)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *