banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

Konoras: Sebaiknya Penyidikan Kasus Haornas Dihentikan

  • Bagikan
Muhammad Konoras
banner 468x60

PENAMALUT.COM, TERNATE – Setelah Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mangkir dari pemanggilan pertama, Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate kelihatannya belum mengambil langkah lanjutan, salah satunya termasuk belum melayangkan surat panggilan kedua kepada orang nomor satu di Kota Ternate itu.

Sebagaimana diketahui, Tauhid dipanggil penyidik Kejari Ternate untuk dimintai keterangan terkait dengan kasus dugaan korupsi anggaran hari olahraga nasional (Haornas) tahun 2018 dengan anggaran masing-masing APBD Rp 2,8 miliar dan APBN sebesar Rp 2,5 miliar.

Ketua Peradi Kota Ternate, Muhammad Konoras meminta Kejari agar tidak membiarkan perkara tersebut begitu saja. Agar azas kepastian hukum terwujud, Kejari harusnya cepat memintai keterangan Wali Kota Ternate. “Kalau tidak, maka publik akan bertanya-tanya sejauh mana perkembangan penyidikan kasus ini. Semua pihak yang diduga terlihat harus dipanggil, ”ujarnya menyarankan.

Menurut Konoras, jika masalah tersebut tidak memenuhi unsur pidana, sebaiknya penyidikan perkara Haornas dihentikan. Tidak hanya terkait dengan kasus Haornas, kasus apapun yang sudah dilidik jaksa, harusnya dituntaskan. Sebaliknya, jika tidak memenuhi unsur pidana, segera dihentikan penyidikannya. “Kalau dibiarkan berlarut-larut, maka merugikan pihak-pihak yang diduga terlibat,” tegasnya.

Sementara itu, belum lama ini Kepala Kejari Ternate, Pendi Pijabat mengatakan, proses hukum dugaan korupsi anggaran Haornas sudah ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan. Sementara ini penyidik sedang mengumpulkan bukti yang mengarah pada kerugian negara.

“untuk kerugian negara, kami tetap berpatokan pada laporan hasil pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keungan (BPK). Kasus Haornas juga masuk dalam supervisi KPK baru-baru ini,” tutupnya menjelaskan.(ano/kov)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *